Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rudal AS Jatuh dari Heli pada Latihan

Kompas.com - 17/05/2012, 09:36 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Sebuah helikopter Apache milik Angkatan Darat AS secara tidak sengaja menjatuhkan rudal yang tidak aktif di Texas bagian tengah. Insiden ini memicu evakuasi warga dari puluhan rumah di sekitar lokasi jatuhnya rudal itu, kata pejabat berwenang, Rabu (16/5/2012).

Warga kota Killeen mengatakan pada polisi, mereka melihat sebuah benda jatuh helikopter tempur AH-64 ke sebuah ladang pada Selasa malam, menurut pernyataan dari markas AD Fort Hood yang tak jauh dari Killeen.

"Kepolisian Killeen langsung merespons laporan itu dan melokasir benda yang tertancap di tanah. Petugas juga langsung mengosongkan area itu," demikian pernyataan pihak berwenang.

Meskipun tidak ada yang terluka dalam insiden itu, sekitar 100 rumah di sekitar lokasi dikosongkan. Menurut tim penjinak bom, rudal M36 itu tidak aktif. M36 merupakan tiruan rudal Hellfire yang digunakan untuk latihan.

"M36 merupakan peralatan latihan yang tidak aktif, tidak memiliki hulu ledak atau sistem pendorong dan didesain agar para kru melakukan simulasi penggunakan rudal Hellfire di kokpit tanpa meluncurkannya dari pesawat terbang," pihak Fort Hood menyatakan.

Rudal tiruan itu, seperti Hellfire, berbobot sekitar 45 kilogram dan memiliki panjang 163 sentimeter.

Penyebab insiden ini masih dalam penyelidikan, kata Kolonel Howard Arey, perwira penerbang Korps III.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com