Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

22 Imigran Asal Afganistan Ditangkap

Kompas.com - 15/05/2012, 22:11 WIB
Syahnan Rangkuti

Penulis

PEKANBARU, KOMPAS.com - Sebanyak 22 imigran gelap asal Afganistan dan Pakistan, ditangkap jajaran Kodim 0303 Bengkalis, Riau, Selasa (15/5/2012) ini, setelah memasuki daratan Riau. Mereka dari Malaysia. Saat ditangkap, para imigran itu telah memasuki jalur jalan Bengkalis-Dumai, dengan tujuan Jakarta.

"Mereka tidak ditangkap, tapi ditemukan anggota Kodim Bengkalis. Ke-22 imigran gelap itu diserahkan Kodim Bengkalis kepada kami tadi siang. Setelah kami data, seluruhnya dibawa ke Pekanbaru, untuk ditangani pihak Rudenim (Rumah Detensi Imigrasi)," ujar Kepala Kantor Imigrasi Dumai, Abdullah Reni Simanungkalit, yang dihubungi dari Pekanbaru.

Menurut Abdullah, imigran tersebut didominasi oleh anak muda yang berusia 17 sampai 19 tahun. Seluruhnya tidak memiliki identitas keimigrasian.

"Berdasarkan pengakuan awal, mereka akan menuju Jakarta, untuk meminta suaka di perwakilan pengungsi PBB," ujar Abdullah.

Secara terpisah, Kepala Staf Kodim Bengkalis, Mayor Bahroedim, mengungkapkan, pihaknya mendapat laporan dari masyarakat tentang masuknya sejumlah imigran melalui pelabuhan rakyat, di kawasan Tanjung Leban, Bengkalis.

Namun setelah petugas menuju Tanjung Leban, para imigran telah bergerak meninggalkan lokasi. Setelah dilakukan pengejaran, para imigran berhasil ditemukan di jalan lintas Bengkalis-Dumai.

"Petugas kami menahan satu mobil yang isinya 16 imigran gelap. Dari pengakuan mereka, ternyata masih ada satu mobil di belakang yang berisikan enam orang lagi," ujar Bahroedim.

Menurut Bahroedim setelah diperiksa, para imigran diserahkan kepada Kantor Imigrasi Dumai. Adapun sopir yang membawa para imigran diserahkan kepada Polisi untuk dimintai keterangan.

Penemuan imigran gelap, terutama asal Afganistan, telah berulang kali terjadi di Riau. Kisah tragis kerap mewarnai perjalanan mereka menuju negeri impian.

Tiga tahun lalu, persisnya akhir Mei 2009, perahu pengangkut 36 imigran gelap asal Afganistan tenggelam setelah menabrak tiang bubu (alat tangkap ikan nelayan) rusak di perairan Rokan Hilir, Riau. Sebanyak 16 orang tewas dalam kejadian itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com