Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keluarga TKI Mataram Kembali Diperiksa Polisi

Kompas.com - 15/05/2012, 15:07 WIB
Kontributor Kompas TV, Abdul Latif Apriaman

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Belum lagi tuntas polemik soal hasil otopsi tiga jenazah TKI asal Lombok Timur yang tewas tertembak di Malaysia, aparat Kepolisain Polda NTB, Selasa (15/5/2012) memanggil keluarga ketiga TKI untuk dimintai keterangan terkait status ketiga korban yang diduga bekerja di Malaysia secara ilegal.

Ditemani tim Advokasi Keadilan untuk TKI (AKUT NTB) enam orang perwakilan keluarga TKI, mendatangi Mapolda NTB. Mereka adalah, kedua orang tua almarhum Herman, kakak dan ibu almarhum Abdul Kadir Zailani, serta kakak dan ibu almarhum Mad Noor.

Juru bicara tim AKUT NTB, Muhammad Saleh mengaku bingung dengan pemeriksaaan keluarga TKI oleh aparat kepolisian, karena proses pemanggilan itu dilakukan sebelum persoalan kematian ketiga TKI diusut tuntas. “Kami mencurigai pemeriksaan ini hanyalah pengalihan isu dari inti pokok persoalan yaitu kematian ketiga TKI,” kata Muhammad Saleh.

Kepala Dinas Tenaga Kerja NTB, Mokhlis, yang dikonfirmasi juga tidak tahu tentang dasar pemanggilan keluarga TKI tersebut.

Sementara, juru bicara Polda NTB AKBP Sukarman Husen menyatakan, pemanggilan keluarga TKI itu adalah bagian dari upaya polri untuk membuat terang perkara kematian ketiga tki, dan bukan pengalihan isu. “Ini bukan pengalihan isu, mereka diperiksa sebagai saksi, agar proses hukum atas ketiga TKI menjadi terang, termasuk proses keberangkatan mereka,” kata Sukarman.

Terkait hasil otopsi resmi yang belum diterima kerluaga TKI, Sukara menyatakan akan berkoordinasi dengan Kapolres Lombok Timur agar keluarga segera bias memperoleh hasil otopsi secara resmi.

Seperti diberitakan, kasus kematian tiga orang TKI asal Lombok Timur ini mencuat setelah keluarga curiga ada organ tubuh ketiga TKI telah hilang dan diperjualbelikan. Atas permintaan keluarga, pada 26 dan 27 April lalu ketiga jenazah diotopsi ulang. Pemerintah telah mengumumkan hasil otopsi, di mana tidak ada organ tubuh ketiga TKI yang hilang. Namun pihak keluarga TKI menolak hasil otopsi tersebut dan berkeyakinan ada organ tubuh keluaraga mereka yang hilang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com