Tahanan Palestina Hentikan Mogok Makan

Kompas.com - 15/05/2012, 09:24 WIB
EditorKistyarini

Sebanyak 1.550 tahanan Palestina sepakat untuk menghentikan aksi mogok makan empat pekannya setelah Israel berjanji untuk memperbaiki kondisi tahanan dan perlakuan mereka terhadap tahanan.

"Semua faksi sudah menandatangani kesepakatan untuk menghentikan mogok makan," kata Ketua Klub Tahanan Palestina, Qadura Fares kepada AFP setelah melakukan negosiasi antara perwakilan tahanan dan petugas penjara Ashkelon, Israel.

Kabar berakhirnya aksi mogok makan dan tercapainya kesepakatan dibenarkan Badan Intelijen Dalam Negeri Israel, Shin Bet.

"Semua tahanan sepakat menghentikan aksi mogok makannya. Dan semua tahanan administratif akan dilepaskan setelah masa tahanannya berakhir, kecuali ditemukan bukti baru dalam kasus mereka, " kata juru bicara Shin Bet.

Tercapainya kesepakatan ini juga disampaikan juga kepada enam tahanan yang ditahan di unit tahanan administratif yang sudah mogok makan selama 56 hingga 76 hari.

Jawad Bulus, pengacara yang mewakili sejumlah tahanan yang mogok makan, menyampaikan kabar ini kepada dua tahanan garis keras anggota Jihad Islam Bilal Diab dan Thaer Halahla yang sudah mogok makan selama 76 hari,

Kedua orang ini sudah menyatakan menghentikan aksi mogok makannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kesepakatan ini disambut baik mantan PM Inggris Tony Blair yang kini menjadi utusan khusus Kuartet - Uni Eropa, AS, PBB dan Rusia - untuk Timur Tengah.

Saling sepakat

Sementara itu, Badan Intelijen Dalam Negeri Israel Shin Bet mengatakan para pemimpin tahanan telah menandatangani komitmen untuk menghentikan aktivitas teror dari dalam penjara.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.