Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Jatuh di Nepal, 15 Orang Tewas

Kompas.com - 15/05/2012, 03:58 WIB

Kathmandu, Senin - Sebuah pesawat penumpang Dornier Do 228 milik maskapai Agni Air, Nepal, jatuh saat hendak mendarat di Bandar Udara Jomsom, Nepal utara, Senin (14/5). Sebanyak 15 orang, termasuk dua pilot, tewas dalam kecelakaan tersebut.

Juru bicara kepolisian setempat, Binod Singh, mengatakan, korban yang tewas adalah para wisatawan dari India. Mereka sedang dalam perjalanan dari kota Pokhara, Nepal, menuju Muktinath, tempat suci bagi pemeluk agama Hindu dan Buddha, yang terletak di lereng Pegunungan Himalaya.

Menurut keterangan para penumpang yang selamat, pesawat itu sudah hendak mendarat di Jomsom saat tiba-tiba pesawat naik lagi. Sayap kiri pesawat terasa menabrak sesuatu sebelum pesawat terbanting ke tanah dan terguling. Pesawat hancur berkeping-keping, tetapi tidak terbakar.

Bimlesh Lal Karna, kepala tim penolong darurat Nepal, mengatakan, pilot sempat melaporkan ada lampu peringatan bahaya yang menyala saat pesawat turun mendekati Jomsom. Beberapa detik sebelum jatuh, pilot melapor ke menara pengatur lalu lintas udara bahwa ia akan memutar balik ke Pokhara.

Enam korban selamat dari kecelakaan maut itu. Mereka adalah seorang pramugari asal Nepal, seorang pria India yang menderita luka di kepala, dua warga Denmark, dan dua anak asal India, masing-masing berusia sembilan dan enam tahun. Mereka dirawat di rumah sakit di Pokhara. (AFP/AP/DHF)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com