Para Menlu UE Masih Berdebat

Kompas.com - 14/05/2012, 20:42 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Perkara tindak kekerasan terhadap pemimpin oposisi Ukraina Yulia Tymoshenko masih menjadi bahan perdebatan. Hal itulah yang menjadi topik di antara para menteri luar negeri Uni Eropa (UE). Perdebatan itu pun berkait langsung dengan usulan boikot terhadap perhelatan Piala Eropa 2012 di Ukraina dan Polandia.

"Kami memberi perhatian pada kasus Yulia Tymoshenko. Kami terus mengirimkan pesan kepada pemerintah Ukraina untuk mengutamakan keadilan," kata Ketua Urusan Luar Negeri UE Catherine Ashton.

Komisi Eksekutif UE mengatakan sudah memutuskan tak ada satu pun jajarannya melakukan perjalanan ke Ukraina selama turnamen berlangsung. Ini merupakan sikap protes terhadap perlakuan yang menimpak Tymoshenko.

Sosok perempuan ini tengah menjalani masa hukuman penjara selama tujuh tahun. Bulan lalu, Tymoshenko melakukan aksi mogok makan lantaran tindak kekerasan yang dialaminya di penjara sebagaimana warta Xinhua pada Senin (14/5/2012).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.