Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubes Bulgaria Lolos dari Penculikan di Yaman

Kompas.com - 13/05/2012, 10:12 WIB

SANAA, KOMPAS.com - Duta Besar Bulgaria untuk Yaman lolos dari upaya penculikan oleh orang-orang bertopeng yang menembaki mobilnya di Sanaa, Sabtu (12/5/2012), kata seorang diplomat Barat. Dubes Bulgaria itu mengalami luka ringan akibat serangan itu. 

"Dia sedang bersama istrinya ketika diserang. Tiga pria bersenjata berupaya untuk menculik dia dari mobilnya. Ketika ia menolak dan mengusir mereka, mereka melepaskan tembakan ke kendaraannya. Matanya terluka akibat pecahan kaca," kata diplomat itu.

Duta besar Bulgaria dan istrinya melarikan diri dengan berlari ke pusat perbelanjaan terdekat, kata saksi. Pasukan keamanan Yaman tiba tak lama setelah itu.

Diplomat Barat itu mengatakan bahwa duta besar Bulgaria bepergian tanpa disertai pengawal. "Kami tidak tahu apakah mereka orang-orang suku yang hanya melihat pelat mobil diplomatiknya atau gerilyawan Al Qaeda yang telah merencanakan menculiknya untuk tebusan," kata diplomat itu.

Penculikan orang asing dan orang Yaman biasa terjadi di negara Jazirah Arab yang miskin itu, di mana sandera sering digunakan oleh suku yang tidak puas untuk menekan tuntutan pada pihak berwenang. Namun sandera sering dibebaskan tanpa cedera.

Seorang diplomat Saudi diculik pada Maret oleh gerilyawan terkait Al Qaeda di selatan Yaman, dan para pejabat Saudi mengatakan tuntutan kelompok termasuk pembebasan rekan-rekan mereka yang ditahan di Arab Saudi. Diplomat tersebut belum dibebaskan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com