Dubes Bulgaria Lolos dari Penculikan di Yaman

Kompas.com - 13/05/2012, 10:12 WIB
EditorKistyarini

SANAA, KOMPAS.com - Duta Besar Bulgaria untuk Yaman lolos dari upaya penculikan oleh orang-orang bertopeng yang menembaki mobilnya di Sanaa, Sabtu (12/5/2012), kata seorang diplomat Barat. Dubes Bulgaria itu mengalami luka ringan akibat serangan itu. 

"Dia sedang bersama istrinya ketika diserang. Tiga pria bersenjata berupaya untuk menculik dia dari mobilnya. Ketika ia menolak dan mengusir mereka, mereka melepaskan tembakan ke kendaraannya. Matanya terluka akibat pecahan kaca," kata diplomat itu.

Duta besar Bulgaria dan istrinya melarikan diri dengan berlari ke pusat perbelanjaan terdekat, kata saksi. Pasukan keamanan Yaman tiba tak lama setelah itu.

Diplomat Barat itu mengatakan bahwa duta besar Bulgaria bepergian tanpa disertai pengawal. "Kami tidak tahu apakah mereka orang-orang suku yang hanya melihat pelat mobil diplomatiknya atau gerilyawan Al Qaeda yang telah merencanakan menculiknya untuk tebusan," kata diplomat itu.

Penculikan orang asing dan orang Yaman biasa terjadi di negara Jazirah Arab yang miskin itu, di mana sandera sering digunakan oleh suku yang tidak puas untuk menekan tuntutan pada pihak berwenang. Namun sandera sering dibebaskan tanpa cedera.

Seorang diplomat Saudi diculik pada Maret oleh gerilyawan terkait Al Qaeda di selatan Yaman, dan para pejabat Saudi mengatakan tuntutan kelompok termasuk pembebasan rekan-rekan mereka yang ditahan di Arab Saudi. Diplomat tersebut belum dibebaskan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.