Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Argentina Jajaki Kerja Sama Pendidikan dengan Yogyakarta

Kompas.com - 11/05/2012, 15:54 WIB

KOMPAS.com — Dewan Rektor Argentina menjajaki kerja sama di bidang pendidikan dengan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebagai langkah awal, mereka menemui Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubowono X di Yogyakarta.

"Kunjungan kami bertujuan untuk menjajaki kemungkinan terjalin kerja sama pendidikan antara Argentina dan beberapa daerah di Indonesia, termasuk Yogyakarta," kata pimpinan delegasi Dewan Rektor Argentina, Rodolfo de Vincenzi, di Yogyakarta, Jumat (11/5/2012).
     
Sultan mengatakan, kunjungan tersebut diharapkan tidak sebatas penjajakan kerja sama di bidang pendidikan, tetapi juga dikembangkan di bidang kebudayaan dan perdagangan. Pendidikan di Yogyakarta menekankan pada pendidikan berbasis budaya.
     
Menurut dia, di Yogyakarta saat ini terdapat lebih dari 138 perguruan tinggi, baik swasta maupun negeri. Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan universitas negeri tertua dengan 45.000 mahasiswa, dan Universitas Islam Indonesia (UII) merupakan perguruan tinggi swasta tertua yang berdiri pada 1949 dengan 30.000 mahasiswa.
     
Ia menambahkan, di bidang pariwisata, Yogyakarta merupakan daerah tujuan wisata nomor dua setelah Bali, dan banyak memiliki obyek wisata seperti Candi Prambanan dan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Menurut dia, di bidang perdagangan, beberapa produk kerajinan Yogyakarta telah memasuki pasar ekspor, seperti Belanda, Jepang, dan Jerman, tetapi untuk ekspor ke Amerika Selatan masih relatif sedikit.
    
Argentina, kata dia, diharapkan dapat membuka lembaga kebudayaan di Yogyakarta sebagaimana telah dilakukan beberapa negara, seperti Inggris, Belanda, Perancis, dan Jepang.
     
"Hal itu untuk mengawali jalinan kerja sama sehingga terjalin komunikasi di antara kedua negara melalui lembaga kebudayaan tersebut," katanya.
     
Dewan Rektor Argentina terdiri dari delapan rektor perguruan tinggi swasta di negara tersebut, antara lain Universidad de Concepcion del Uruguay, Universidad Abierta Interamericana, Universidad Abierta Interamericana, Universidad Del Este, Universidad Albeita Inter Americana, Instituto Universitario del Gran Rosario, dan Universidad de Flores.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com