Tim Mahitala Taklukkan Kosciuszko di Australia

Kompas.com - 10/05/2012, 13:57 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

ADELAIDE, KOMPAS.com - Tim pendaki Gunung Mahitala Universitas Parahyangan Bandung sekarang sudah mensejajarkan diri dengan pendaki top dunia lain setelah berhasil menaklukkan gunung Kosciuszko di negara bagian New South Wales hari Selasa (8/5/2012).

Dengan demikian mereka sudah berhasil menaklukkan delapan gunung - yang dikenal dengan 7+ 1, puncak gunung tertinggi di tujuh benua di seluruh dunia.

Para pendaki Mahitala ini adalah Sofyan Arief Fesa, Xaverius Frans, Janatan Ginting dan Broery Andrew Sihombing. Tim Mahitala hari Kamis (10/5/2012) sudah kembali berada di Sydney, sekitar 7 jam perjalanan dari Taman Nasional Kosciuszko, dan akan kembali ke Indonesia hari Sabtu.

Menurut keterangan yang didapat koresponden Kompas di Australia, L. Sastra Wijaya, tim Mahitala ini tiba di Sydney hari Senin 7 Mei, dimana pada hari yang sama mereka langsung berkendaraan mobil menuju Taman Nasional Kosciuszko, dan setelah itu perjalanan dilanjutkan ke Charlotte Pass. 

Mereka kemudian berkendaraan sepeda menuju Island Bend Camping Ground untuk bermalam di tenda. Dari Island Bend camping ground, Tim mulai melakukan pendakian pada 8 Mei 2012. Dalam pendakian menuju puncak Gunung Kosciuszko, sepeda tetap dibawa tetapi tidak dikendari, hal ini sesuai permintaan pihak penjaga Taman Nasional.

Gunung Kosciuszko  (2.228 meter dari permukaan laut) di New South Wales merupakan gunung tertinggi di Australia walaupun gunung tersebut lebih rendah dari gunung-gunung lainnya yang namun pendakian tersebut berhasil menggenapkan pendakian puncak-uncak gunung tertinggi di berbagai benua yang telah ditaklukan sebelumnya seperti pendakian gunung.

Yaitu Carstensz Pyramid (4.884 mdpl) di Papua, Indonesia; Kilimanjaro (5.895 mdpl) di Afrika; Elbrus (5.642 mdpl) di Eropa; Vinson Massif (4.897 mdpl) di Antartika; Aconcagua (6.962 mdpl) di Amerika Selatan; Everest (8.848 mdpl) di Asia; dan Denali (6.194 mdpl) di Amerika Utara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.