Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Mahitala Taklukkan Kosciuszko di Australia

Kompas.com - 10/05/2012, 13:57 WIB
L Sastra Wijaya

Penulis

ADELAIDE, KOMPAS.com - Tim pendaki Gunung Mahitala Universitas Parahyangan Bandung sekarang sudah mensejajarkan diri dengan pendaki top dunia lain setelah berhasil menaklukkan gunung Kosciuszko di negara bagian New South Wales hari Selasa (8/5/2012).

Dengan demikian mereka sudah berhasil menaklukkan delapan gunung - yang dikenal dengan 7+ 1, puncak gunung tertinggi di tujuh benua di seluruh dunia.

Para pendaki Mahitala ini adalah Sofyan Arief Fesa, Xaverius Frans, Janatan Ginting dan Broery Andrew Sihombing. Tim Mahitala hari Kamis (10/5/2012) sudah kembali berada di Sydney, sekitar 7 jam perjalanan dari Taman Nasional Kosciuszko, dan akan kembali ke Indonesia hari Sabtu.

Menurut keterangan yang didapat koresponden Kompas di Australia, L. Sastra Wijaya, tim Mahitala ini tiba di Sydney hari Senin 7 Mei, dimana pada hari yang sama mereka langsung berkendaraan mobil menuju Taman Nasional Kosciuszko, dan setelah itu perjalanan dilanjutkan ke Charlotte Pass. 

Mereka kemudian berkendaraan sepeda menuju Island Bend Camping Ground untuk bermalam di tenda. Dari Island Bend camping ground, Tim mulai melakukan pendakian pada 8 Mei 2012. Dalam pendakian menuju puncak Gunung Kosciuszko, sepeda tetap dibawa tetapi tidak dikendari, hal ini sesuai permintaan pihak penjaga Taman Nasional.

Gunung Kosciuszko  (2.228 meter dari permukaan laut) di New South Wales merupakan gunung tertinggi di Australia walaupun gunung tersebut lebih rendah dari gunung-gunung lainnya yang namun pendakian tersebut berhasil menggenapkan pendakian puncak-uncak gunung tertinggi di berbagai benua yang telah ditaklukan sebelumnya seperti pendakian gunung.

Yaitu Carstensz Pyramid (4.884 mdpl) di Papua, Indonesia; Kilimanjaro (5.895 mdpl) di Afrika; Elbrus (5.642 mdpl) di Eropa; Vinson Massif (4.897 mdpl) di Antartika; Aconcagua (6.962 mdpl) di Amerika Selatan; Everest (8.848 mdpl) di Asia; dan Denali (6.194 mdpl) di Amerika Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com