Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Dinilai Jujur oleh Warga AS

Kompas.com - 10/05/2012, 10:43 WIB
Simon Saragih

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com — Presiden AS Barack Obama dinilai jujur. Obama juga dinilai punya empati, dan tergolong figur yang disukai oleh warga AS. Obama pun dianggap piawai soal urusan-urusan sosial.

Demikian hasil survei yang dilakukan Associated Press-Gfk, yang hasilnya diumumkan pada Rabu (9/5/2012) kemarin. Penilaian para warga AS itu membuat Obama juga unggul dari Mitt Romney dalam jajak pendapat menghadapi pemilu November 2012.

Sebanyak 50 persen responden mengatakan akan memilih Obama, dan 42 persen mengatakan akan memilih Romney.

Keunggulan Obama juga didorong popularitasnya di kalangan minoritas, para wanita muda, dan kubu independen. Namun, posisi Obama tidak terlalu meyakinkan dalam menghadapi Romney soal isu ekonomi.

Dua calon presiden (capres) AS dalam pemilu mendatang dianggap punya kesempatan setara soal isu ekonomi. Tentang isu ekonomi, nasib Obama ditentukan juga oleh perkembangan ekonomi AS, mulai sekarang hingga pemilu.

Jika warga merasa kondisi perekonomian membaik, maka Obama dianggap punya kesempatan yang lebih kuat menjadi presiden untuk dua periode.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com