Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sentimen Negatif Eropa Masih Bayangi IHSG

Kompas.com - 10/05/2012, 08:52 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Sentimen negatif dari Eropa pascapemilu pekan lalu masih akan membayangi pergerakan bursa regional termasuk Indeks Harga Saham Gabungan untuk beberapa waktu mendatang.

Langkah IHSG masih berat karena dari dalam negeri juga minim sentimen positif. "Untuk hari ini kami perkirakan indeks akan bergerak mixed dengan kecenderungan melemah pada kisaran support-resistance 4.100-4.150," kata analis Panin Sekuritas, Purwoko Sartono di Jakarta, Kamis (10/5/2012).

Dari Eropa, Kemenangan partai anti-bailout dikhawatirkan akan membuat upaya pemulihan ekonomi Yunani dan Eropa umumnya semakin sulit. Kekhawatiran yang sama juga terjadi atas Perancis dengan terpilihnya presiden baru.

Di sisi lain, dari dalam negeri pasar masih minim sentimen positif setelah selesainya euforia pengumuman kinerja emiten kuartal pertama.

Pada perdagangan kemarin, investor asing tercatat melakukan penjualan bersih di pasar regular sebesar Rp 774,07 miliar dengan saham yang paling banyak dijual yakni ASII, PGAS, TLKM, UNTR, dan SMGR. Mata uang Rupiah terdepresiasi ke 9,259 per dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com