Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk Rumah Sakit, Tymoshenko Hentikan Mogok Makan

Kompas.com - 10/05/2012, 02:27 WIB

Kharkiv, Rabu - Pemimpin oposisi Ukraina yang berada dalam tahanan, Yulia Tymoshenko, menghentikan mogok makan selama 20 hari, Rabu (9/5), karena kondisinya semakin buruk sehingga harus dibawa ke rumah sakit.

Otoritas lembaga permasyarakatan Ukraina, Rabu pagi, memindahkan Tymoshenko dari penjara di kota Kharkiv ke rumah sakit. Di sana dia akan ditangani oleh seorang dokter dari Jerman untuk menangani sakit punggung akut yang dideritanya.

Dokter Lutz Harms mengonfirmasi bahwa mantan perdana menteri berusia 51 tahun itu telah menghentikan mogok makan. Tymoshenko mogok makan sejak akhir April sebagai protes atas perlakuan buruk yang diterimanya dari penjaga penjara.

”Dia telah menghentikan mogok makan. Kami sekarang memberinya nutrisi sesuai program untuk mengembalikan kondisinya. Ini membutuhkan waktu sedikitnya delapan pekan,” ujar Harms dari Rumah Sakit Berlin Charite.

”Dia sangat lemah, dan kami harus menunggu beberapa hari agar situasinya stabil,” ujar Hams. Dia mengatakan saat ini Tymoshenko hanya diberi air dan jus buah.

Menurut putrinya, Yevgenia, Tymoshenko kehilangan berat badan hingga 10 kilogram selama mogok makan. Tymoshenko dijatuhi hukuman penjara tujuh tahun, Oktober lalu, dalam persidangan yang dikecam oleh negara-negara Barat.

Mencuatnya kasus perlakuan buruk yang diterima Tymoshenko di penjara membuat Ukraina terancam diboikot dari para pemimpin Uni Eropa saat menjadi tuan rumah kejuaraan sepak bola Euro 2012, Juni, bersama Polandia.

Pemerintah Ukraina berharap pemindahan Tymoshenko ke rumah sakit akan mengurangi tekanan Barat. Apalagi, Tymoshenko ditangani oleh ahli medis dari luar negeri, seperti tuntutan negara-negara Barat.

Kepala penjara mengatakan, Tymoshenko meninggalkan penjara di Kharkiv pukul 07.00 waktu setempat. Dia tiba di rumah sakit, institusi milik pemerintah yang dijalankan oleh perusahaan kereta api Ukraina, sekitar satu jam kemudian.

Kharkiv adalah satu dari empat kota yang akan menjadi penyelenggara Euro 2012. Kejuaraan sepak bola antarnegara Eropa ini akan menjadi ajang terbesar yang diselenggarakan Ukraina sejak runtuhnya Uni Soviet.

Otoritas penjara mengatakan, selama perjalanan ke rumah sakit Tymoshenko tidak mengeluhkan sama sekali kondisinya. ”Menurut dokter, kondisi kesehatannya tidak menurun pada hari-hari terakhirnya di sini,” katanya.

(AFP/Reuter/was)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com