Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Dibuka Melemah Terseret Eropa

Kompas.com - 09/05/2012, 10:01 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Indeks Harga Saham Gabungan dibuka melemah 15,941 poin atau sekitar 0,39 persen ke level 4.165,132, Rabu (9/5/2012). Pergerakan ini seiring dengan arah regional dan global, menyikapi perkembangan politik di Eropa yang mengkhawatirkan pelaku pasar.

Indeks LQ45 dibuka melemah 3,861 poin (0,54 persen) ke level 706,256. Memasuki lima menit perdagangan, IHSG semakin turun. Indeks melemah 25,637 poin (0,61 persen) ke level 4.155,436.

Bursa AS dan Eropa kembali mengalami koreksi seiring sentimen negatif ketidakstabilan politik di Yunani dan kembali mencuatnya potensi Yunani keluar dari zona Euro karena gagal memenuhi syarat-syarat bail-out berikutnya.

Pada perdagangan intraday bursa AS rebound dari titik terendahnya yang merupakan support jangka pendek. Bursa Asia pagi ini turut dibuka terkoreksi sekitar 1 persen memfaktorkan potensi keluarnya Yunani dari zona Euro dan koreksi harga komoditas semalam. Harga minyak relatif flat pagi ini di level US$97/barel.

Analis Samuel Sekuritas, Yualdo Yudoprawiro menyatakan, beberapa saham yang kemarin menjadi penopang penguatan indeks seperti sektor banking dan consumer diperkirakan akan kembali mengalami tekanan profit taking. Support indeks berada di level 4.150.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com