Yulia Tymoshenko "Ganjal" KTT Ukraina

Kompas.com - 08/05/2012, 19:41 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Keprihatinan akan tindak kekerasan terhadap mantan Perdana Menteri Ukraina Yulia Tymoshenko nyatanya sukses "mengganjal" perhelatan konferensi tingkat tinggi (KTT) di Ukraina. Menurut warta Xinhua pada Selasa (8/5/2012), mengutip pernyataan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Ukraina Alexander Dykusarov, pemerintah terpaksa menunda pertemuan tahunan ke-18 para pemimpin kawasan Eropa Tengah. Padahal, Ukraina menjadi tuan rumah acara yang sedianya terselenggara pada minggu ini.

Dalam hal ini, tercatat 13 pemimpin kawasan Eropa Tengah menyatakan boikot. "Pemerintah menunda KTT itu," kata Dykusarov tanpa menyebutkan tanggal penyelenggaraan KTT.

Julia Tymoshenko yang ditahan selama tujuh tahun lantaran kasus korupsi mendapat tindak kekerasan di penjara sejak ia masuk bui pada Oktober 2011. Kini, lantaran kejadian tersebut, Ukraina menghadapi ancaman boikot penyelenggaraan Piala Eropa 2012. Ukraina menjadi tuan rumah bersama Polandia dalam acara akbar tersebut. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.