Perempuan Muda Ini Bunuh 20 Orang

Kompas.com - 08/05/2012, 07:42 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Jarang perempuan Meksiko terlibat dalam geng obat bius dan membunuh begitu banyak orang,. Biasanya mereka menjadi korban perkosaan dan penculikan oleh geng narkoba, kecuali Maria Jimenez, perempuan muda berusia 26 tahun ini.

Jimenez terlibat di dalam kartel Zetas, dan membunuh 20 orang. Dia telah diupah sebesar 1.700 dollar AS atau setara Rp 15,3 juta (kurs Rp 9.000) per bulan untuk menghabisi para korban.

Polisi Meksiko yang bertugas di Monterrey, Meksiko utara, telah menangkapkan penangkapan perempuan itu pada hari Senin (7/5/2012), atau Selasa WIB. Para korbannya selain pengedar narkoba saingan kartel Zetas, juga seorang polisi, kata seorang jaksa setempat.

Jorge Domene, juru bicara jaksa di Nuevo Leon, Negara Bagian Monterrey, menjelaskan, Jimenez ditangkap pekan lalu. Sejak penangkapan itu, Jimenes mengaku telah melakukan serangkaian pembunuhan dan kejahatan lainnya.

Jaksa akan menuntutnya dengan pembunuhan, pencurian mobil dan penculikan, katanya. Polisi Meksiko juga telah menangkap wanita pembunuh lainnya, tetapi hanya sedikit yang diduga membunuh begitu banyak orang.

Jimenez ditahan bersama dengan tiga tersangka pembunuh, serta lima pria dan wanita lain yang dituduh bekerja sebagai pengedar narkoba. "Kelompok ini mengendalikan 14 daerah penjualan di wilayah metropolitan Monterrey," kata Domene.

Kartel Zetas, salah satu geng obat bius paling ditakuti di Meksiko, menjadi tempat Jimenez bekerja. Geng ini sering berebut lahan dan wilayah distribusi obat bius atau narkoba dengan kartel Gulf (Teluk).

Sudah lebih dari 50.000 kasus pembunuhan karena narkoba Meksiko sejak Presiden Felipe Calderon menjabat pada Desember 2006. Dia telah membuat langkah baru, yakni melibatkan tentara sebagai garda paling depan memberantas narkoba setelah polisi terkontaminasi geng-geng obat bius.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.