Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Belum Konfirmasi Kematian Al-Quso

Kompas.com - 07/05/2012, 10:47 WIB
Wisnu Dewabrata

Penulis

SANAA, KOMPAS.com -  Pemerintah AS masih belum mengonfirmasikan tewasnya tokoh puncak Al Qaeda wilayah Yaman, Fahd al-Quso, oleh serangan peluru kendali dari pesawat tempur tak berawak mereka (drone).

Akan tetapi sebuah pesan teks dari pihak yang mengklaim diri sebagai media Al Qaeda mengonfirmasi kabar tewasnya al-Quso dalam serangan itu. Sepak terjang al-Quso terbilang panjang.

Dia pernah dipenjara lebih dari lima tahun lantaran perannya dalam penyerangan kapal perang AS, USS Cole, tahun 2000 lalu. Dia bebas tahun 2007 setelah pada tahun 2003 sempat kabur dari penjara Yaman namun kembali lagi untuk menuntaskan sisa masa hukumannya.

Pada Desember 2010 al-Quso dinyatakan sebagai teroris global oleh Kementerian Luar Negeri AS, yang sekaligus juga menunjukkan semakin pentingnya peranan al-Quso di Al Qaeda cabang Yaman.

Pemerintah Yaman pada tahun 2009 pernah menyatakan al-Quso tewas dalam sebuah serangan di wilayah Rafd bersama tokoh Al Qaeda lain, al-Awlaki. Belakangan diketahui keduanya berhasil selamat.

Al-Quso diketahui juga pernah bertemu dan mendapat mandat langsung dari pendiri Al Qaeda, Osama bin Laden, yang memintanya "melenyapkan" para pendosa dari Semenanjung Arab. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com