Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Francois Hollande Diundang Obama ke Gedung Putih

Kompas.com - 07/05/2012, 07:35 WIB
R. Adhi Kusumaputra

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengundang Presiden Perancis terpilih Francois Hollande ke Gedung Putih akhir bulan Mei ini.

"Obama mengungkapkan harapan agar mereka berdua dapat bekerja lebih erat," kata juru bicara Gedung Putih, Jay Carney, hari Minggu waktu setempat.

Dalam teleponnya yang menyampaikan ucapan selamat kepada Hollande atas kemenangannya, Obama "mengindikasikan bahwa dia menginginkan bekerja lebih dekat dengan Hollande dan pemerintahannya dalam berbagi tantangan keamanan dan ekonomi," demikian juru bicara Gedung Putih dalam pernyataannya.

Obama dan Hollande "masing-masing menegaskan kembali aliansi penting dan abadi antara rakyat Amerika Serikat dan Perancis," demikian pernyataan tersebut.

Presiden Amerika Serikat akan menjadi tuan rumah para pemimpin negara-negara kaya yang tergabung dalam G-8 di Camp David di Maryland, 18-19 Mei, disusul kemudian KTT Aliansi Trans-Atlantik NATO di Chicago, 20-21 Mei.

Dalam teleponnya kepada Hollande, Obama "mengusulkan agar mereka bertemu di Gedung Putih untuk pertemuan bilateral," demikian jubir Gedung Putih.

Francois Hollande hari Minggu terpilih sebagai presiden Perancis pertama dari Partai Sosialis dalam dua dekade terakhir, mengalahkan presiden petahana Nikolas Sarkozy.

Kemenangan Hollande mengguncang politik Eropa. Hasil pemilu Perancis akan membawa implikasi besar bagi Eropa yang berjuang keluar dari krisis keuangan. Perancis adalah negara dengan ekonomi kedua terbesar dalam zona eropa dan anggota permanen Dewan Keamanan NATO.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com