1.100 Imigran Ethiopia Tiba di Yaman

Kompas.com - 06/05/2012, 09:33 WIB
EditorA. Wisnubrata

SANA'A, KOMPAS.com - Lebih dari 1.100 imigran gelap Ethiopia tiba di kota pelabuhan Yaman selatan dan barat selama satu bulan belakangan, dengan tujuan memasuki negara-negara kaya di Teluk.

Menurut Kementerian Dalam Negeri Yaman dalam pernyataannya Sabtu (5/5/2012), para pendatang tersebut telah dibawa ke pusat pengungsi PBB di daerah Kharaz, di Provinsi Lahj, Yaman selatan.

Kementerian juga menyatakan jumlah pengungsi Afrika di Yaman telah bertambah jadi dua juta. Arus pengungsi Afrika yang terus berlanjut itu menimbulkan beban sangat berat pada sumber daya ekonomi Yaman yang terbatas.

Kerusuhan politik di Yaman dinilai sangat mempengaruhi situasi keamanan di negeri tersebut, sehingga memicu pertempuran dengan Al-Qaida di bagian selatan dan konflik sektarian di utara. Kemelut itu juga merusak ekonomi negara tersebut.

Pada Jumat (4/5), pasukan keamanan Yaman juga membebaskan 89 pendatang gelap Afrika yang ditawan oleh sekelompok pria bersenjata untuk memaksa keluarga mereka di Arab Saudi mengirim uang tebusan. Mereka disekap di Provinsi Hajja di bagian utara negeri tersebut, dekat perbatasan dengan Arab Saudi.

Pengungsi Afrika dan pendatang gelap tiba di Yaman melalui Laut Merah dan Teluk Aden menggunakan perahu penyelundup. Salah satu tujuan mereka adalah Arab Saudi.

Namun Arab Saudi memperketat pengamanan di perbatasannya dengan Yaman untuk mencegah pendatang Afrika mencapai wilayahnya, sehingga ribuan pendatang Afrika tertahan di wilayah perbatasan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.