51 Imigran Gelap di Manado Kabur Lewat Terowongan 50 Cm

Kompas.com - 06/05/2012, 06:19 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

MANADO, KOMPAS.com — Sejumlah 51 imigran gelap asal Afganistan dan Iran, yang menghuni Rumah Detensi Imigrasi Manado, dikabarkan melarikan diri, Sabtu (5/5/2012). Menurut sumber di Rumah Detensi Imigrasi Manado, para imigran asal Timur Tengah itu lari dengan cara membuat terowongan bawah tanah berukuran diameter 50 cm, tembus ke luar pagar bagian belakang kantor.

Aksi tersebut tergolong sangat rapi dan tidak terdeteksi oleh petugas piket yang memeriksa ruangan tempat mereka tinggal. Tanah yang digali untuk membuat terowongan, secara rapi, mereka bungkus dengan pakaian sehingga tampak hanya seperti tumpukan pakaian ataupun bantalan kepala.

Hingga saat ini pihak Rumah Detensi Imigrasi Manado masih melakukan pengejaran ke lokasi-lokasi yang kemungkinan menjadi tempat pelarian mereka. Dari data yang ada, 50 orang di antaranya adalah imigran berkebangsaan Afganistan, sedangkan satunya lagi merupakan imigran berkebangsaan Iran. (Pengasihan Susanto Amisan)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.