Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertempuran Pecah, 29 Pemberontak Kachin Tewas

Kompas.com - 05/05/2012, 12:38 WIB
Wisnu Dewabrata

Penulis

YANGON, KOMPAS.com - Dua puluh sembilan anggota pasukan milisi perlawanan etnis Kachin dan dua personel militer pemerintah Myanmar tewas, menyusul pertempuran yang akhirnya kembali pecah di antara mereka.

Informasi tentang itu dikabarkan surat kabar corong pemerintahan negeri itu, New Light of Myanmar, Jumat (4/5/2012).

Secara rinci surat kabar itu menulis, 29 orang prajurit Pasukan Kachin Merdeka (KIA) tewas tertembak sejak 27 April. Sementara dua personel militer Myanmar tewas, dan 12 prajurit lainnya terluka.

Hingga berita diturunkan, juru bicara KIA belum bisa dihubungi. Sebelumnya mereka telah menginformasikan pengepungan yang dilakukan 2.000 personel militer Myanmar di kota pertahanan gerilyawan etnis Kachin yakni Lazia.

Surat kabar The New Light of Myanmar menyalahkan para pemberontak, yang menurut mereka bertanggung jawab atas serangan yang pernah mereka lakukan pada 27 April lalu atas sebuah pos militer di perbatasan China.

Seorang prajurit milisi KIA dilaporkan tertangkap hidup-hidup. Pasukan pemerintah juga berhasil menyita persenjataan kelompok pemberontak. Dalam laporan surat kabar itu juga disebutkan, pasukan pemberontak dituduh memaksa 345 warga desa bekerja untuk mereka. (AFP/DWA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com