Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Terima Tokoh-tokoh Krisis Suriah

Kompas.com - 04/05/2012, 21:07 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Kepala Liga Arab, yang telah memainkan peran kunci dalam menengahi krisis Suriah, Jumat (4/5/2012) tiba  di China  untuk melakukan pembahasan  dengan para pejabat tinggi, kata kementerian luar negeri China.
   
Nabil al-Arabi tiba di pusat komersial Shanghai dan akan melakukan perjalanan ke Beijing pada  Senin untuk bertemu dengan para pejabat China, termasuk Menteri Luar Negeri Yang Jiechi, kata seorang juru bicara sebagaimana warta Xinhua.
   
"Kedua belah pihak akan melakukan pertukaran pandangan secara mendalam  mengenai permasalahan Suriah," kata juru bicara kementerian luar negeri Liu Weimin.
   
China pada Minggu juga akan menjadi tuan rumah bagi pemimpin oposisi Suriah  Burhan Ghalioun, yang akan bertemu dengan para pejabat kementerian luar negeri, kata Liu.
   
Beijing secara tradisional mendukung Presiden Suriah Bashar al-Assad, tetapi Liu mengatakan, China juga telah melakukan kontak dengan pihak oposisi di negara itu. "China siap untuk terus memainkan peran positif dan konstruktif untuk resolusi damai adil dan tepat bagi masalah Suriah sejak awal," katanya.
   
China dan Rusia keduanya mendapat kritik internasional pada awal tahun ini karena memveto dua resolusi Dewan Keamanan PBB mengenai krisis Suriah. Kedua negara sejak itu mendukung utusan PBB-Liga Arab Kofi Annan yang berupaya untuk membawa perdamaian ke Suriah dalam bentuk proposal enam pasal yang disepakati oleh Damaskus yang mencakup gencatan senjata dan penarikan pasukan.
   
Pekan lalu, Arabi menuntut penyebaran lebih cepat para  pengamat PBB di Suriah untuk memantau gencatan senjata yang rapuh.
   
China mengatakan bulan lalu pihaknya mempertimbangkan akan mengirim pengamat sebagai bagian dari prakarsa PBB.
 
 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com