TKW asal Blitar Tewas di Rumah Majikan di Riyadh

Kompas.com - 04/05/2012, 19:28 WIB
EditorKistyarini

BLITAR, KOMPAS.com - Seorang tenaga kerja wanita (TKW) asal Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, bernama Yanah (32) diketahui tewas saat bekerja di rumah majikannya, Riyadh, Arab Saudi.

Edi Subagyo, suami korban yang ditemui di rumahnya Desa Kebon Duren, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, mengatakan Yanah menghubunginya beberapa pekan lalu.

"Ia menanyakan kabar anak-anak dan keadaan mereka. Ia memang sering menghubungi keluarga dan terutama kondisi anak. Tapi, saya tidak menyangka jika telepon itu adalah yang terakhir," ucapnya dengan sedih, Jumat (4/5/2012).

Ia mengaku cukup kaget ketika diberitahu istrinya telah meninggal dunia di tempat majikannya. Kabar duka itu diterima pada 31 Maret 2012 lalu. Saat itu, yang menghubungi keluarga adalah pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) yang mengabarkan jika Yanah meninggal dunia.

Kakak korban, Sucipto mengatakan saat menghungi keluarga dua pekan lalu, ia sempat mengabarkan jika kondisinya dalam keadaan baik. Yanah tidak mengeluhkan jika sedang sakit.

Selain itu, kata dia, Yanah juga selalu bercerita tentang kondisi kesehatannya. Ia selalu mengatakan pada keluarga jika kondisinya sedang sakit maupun sikap dari keluarga majikan.

Pihak keluarga tidak yakin jika Yanah meninggal karena sakit. Keluarga masih ragu, karena selama ini Yanah selalu mengabarkan jika kondisinya baik-baik saja. Keluarga menduga, ia dibunuh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selama ini, keluarga majikan dari Yanah juga tidak pernah berupaya untuk menghubungi keluarga Yanah di Indonesia. Padahal, ia diketahui meninggal dua bulan lalu dan sampai saat ini jenazahnya juga belum dipulangkan ke Indonesia.

Keluarga sampai saat ini masih berupaya meminta bantuan dari pemerintah untuk memulangkan jenazah Yanah. Keluarga ingin memastikan secara langsung tentang kondisi Yanah, termasuk memeriksa kondisi tubuhnya, apakah organ tubuhnya masih lengkap atau ada luka.

Sementara itu, Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Blitar Yudi Priono mengaku sudah mendapatkan laporan tentang kematian TKI asal Kecamatan Ponggok tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.