Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diprotes LUIS, Diskusi Irshad Manji Batal

Kompas.com - 03/05/2012, 14:55 WIB
M Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Acara diskusi yang menghadirkan tokoh feminis asal Kanada, Irshad Manji, gagal digelar setelah diprotes Laskar Umat Islam Surkarta (LUIS), Kamis (3/5/2012). Semula diskusi ini akan digelar pada tanggal 8 Mei 2012 di Balai Soedjatmoko, Gramedia, Solo.

LUIS menganggap Irshad Manji sebagai tokoh feminisme yang memusuhi Islam dan pro dengan paham lesbianisme, liberalisme dan feminisme. "Bisa kita lihat dalam bukunya yang berjudul the Trouble with Islam, dan dia menyetujui hubungan sesama jenis yang dalam Islam harus ditentang," kata Edi Lukito, Ketua LUIS.

Sementara itu, pihak panitia penyelenggara diskusi menyatakan akan membatalkan acara diskusi tersebut, karena mendapat penolakan tersebut. "Namun demikian, bentuk diskursus tidak hanya dalam bentuk diskusi, tetapi juga bisa melalui media lain. Kita tidak masalah," kata Dewi Candraningrum, Ketua Kelompok Jejer Wadon penggagas diskusi.

Selain di Balai Soedjatmoko, Irshad Manji juga diagendakan akan berdiskusi di Universitas Muhamadiyah Surakarta. Pihak LUIS pun meminta agenda tersebut dibatalkan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com