Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aung San Suu Kyi Dilantik Jadi Anggota Parlemen

Kompas.com - 02/05/2012, 13:55 WIB

Pemimpin oposisi Myanmar Aung San Suu Kyi telah mengambil sumpah sebagai anggota baru parlemen Myanmar, satu bulan setelah Partai Liga Nasional Demokrat (NLD) pimpinannya memenangkan pemilu sela.

Upacara pengambilan sumpah ini dilakukan di ibu kota Naypyitaw, yang dibangun pemerintah junta militer.

Dengan bunga mawar putih menghiasi rambutnya, Suu Kyi berdiri di antara anggota partainya yang juga dilantik, saat ketua parlemen membacakan sumpah.

"Saya akan fokus menjalankan tugas di dalam parlemen seperti yang sudah kami lakukan di luar parlemen selama 20 tahun terakhir," kata Suu Kyi kepada wartawan seusai pembacaan sumpah.

Namun, tugas berat menghadang Suu Kyi dan anggota parlemen dari NLD. Sebab, meski memenangi pemilu sela lalu, jumlah kursi NLD di parlemen terbilang sangat minim.

Seperempat dari total kursi parlemen sudah disisihkan untuk militer dan sebagian besar kursi parlemen dikuasai partai politik yang didukung militer.

Meski demikian, para pengamat menilai masuknya Aung San Suu Kyi ke parlemen menandai sebuah langkah besar reformasi yang dilakukan Pemerintah Myanmar.

Sempat menolak

Sebelumnya Suu Kyi dan 42 anggota NLD lainnya menolak untuk dilantik karena mempertanyakan sejumlah kata yang digunakan dalam pembacaan sumpah.

Mereka menolak kata 'menjaga' konstitusi yang disusun rezim militer dan menginginkan kata itu diganti dengan 'menghormati'. Namun, akhirnya mereka sepakat untuk mengambil sumpahnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com