Obama Diam-diam Berkunjung ke Afganistan

Kompas.com - 02/05/2012, 10:10 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

BAGRAM, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Barack Obama melakukan kunjungan mendadak dan rahasia ke Afganistan, Rabu (2/5/2012) dini hari waktu Afganistan, yang bertepatan dengan peringatan satu tahun tewasnya pemimpin Al Qaeda, Osama bin Laden. Obama berada di Afganistan kurang dari tujuh jam.

Pesawat Air Force One yang ditumpangi Obama mendarat di Pangkalan Udara Bagram, yang menjadi pangkalan utama pasukan AS di Afganistan, di tengah kegelapan malam. Ia langsung naik ke helikopter menuju Kabul untuk menggelar pertemuan dengan Presiden Afganistan Hamid Karzai.

Pertemuan dengan Karzai berlangsung di bawah penjagaan ketat di tengah malam. Di luar ruang pertemuan hanya terlihat samar-samar siluet pegunungan di sekitar Kabul.

Obama dan Karzai mengakhiri pertemuan dengan menandatangani perjanjian yang mengatur penempatan pasukan AS untuk sepuluh tahun setelah misi tempur berakhir pada 2014. Menurut Obama, pasukan AS yang ditinggal di Afganistan akan terlibat dalam operasi kontraterorisme dan pelatihan bagi militer Afganistan.

"Tetapi, kami tak akan membangun pangkalan militer permanen di negara ini dan juga tidak akan melakukan patroli di kota-kota dan gunung-gunung," kata Obama menegaskan.

Seusai bertemu dengan Karzai, Obama langsung kembali ke Bagram untuk bertemu dengan para prajurit AS. Obama juga sempat mengunjungi rumah sakit tempat para prajurit dirawat dan menganugerahkan sepuluh medali kehormatan Purple Heart.

Setelah itu, ia membacakan pidato kenegaraan yang disiarkan langsung ke Amerika pada pukul 04.00 waktu Afganistan. Tidak seperti lazimnya pidato kenegaraan yang ia sampaikan dari Ruang Oval Gedung Putih, kali ini Obama berpidato dengan latar belakang dua kendaraan lapis baja.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Selama tiga tahun terakhir, arah arus telah berbalik. Kita telah mematahkan momentum perlawanan Taliban. Kita telah membangun pasukan keamanan Afganistan yang kuat. Kita telah menghancurkan kepemimpinan Al Qaeda, menghabisi 20 dari 30 pemimpin tertinggi mereka. Dan satu tahun lalu, dari pangkalan di Afganistan ini, pasukan kita meluncurkan operasi yang menewaskan Osama bin Laden," papar Obama dalam pidato kepada rakyat AS.

Pidato berlangsung tak sampai 15 menit, sebelum Obama naik ke Air Force One dan terbang kembali ke Washington DC. Ini adalah kunjungan keempat Obama ke Afganistan dan kunjungan ketiga dalam kapasitasnya sebagai Presiden AS. 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X