Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Jelaskan Soal Serangan Pesawat Tak Berawak

Kompas.com - 01/05/2012, 09:53 WIB

Penasihat kontra terorisme Presiden Barack Obama memberikan penjelasan detil terkait penggunaan pesawat tak berawak AS yang digunakan untuk membunuh anggota Al Qaeda.

Dalam sebuah pidato di Washington, John Brennan mengatakan serangan tersebut membantu untuk meraih kemenangan dalam perang melawan jaringan militan.

Presiden Barack Obama menginginkan untuk lebih terbuka terkait penggunaan pesawat tak berawak tersebut, tambah Brennan. Pernyataan itu keluar dalam pekan perayaan satu tahun kematian Osama Bin Laden.

Koresponden BBC di Washington melaporkan, ini bukan pertama kalinya pemerintahan Obama mengonfirmasi penggunaan serangan pesawat tak berawak.

Januari silam, presiden sendiri yang mengungkapkannya saat menggelar percakapan internet. Tetapi kali ini Brennan memberikan penjelasan yang lebih rinci terkait kebijakan yang dianggap kontroversial tersebut.

Brennan mengatakan serangan pesawat tak berawak adalah sah, etis, diperlukan dan seimbang, diawasi oleh apa yang dia sebut sebagai tindakan luar biasa dan dengan pemikiran yang cermat, terutama ketika targetnya adalah warga Amerika.

Saat berpidato di Pusat Kajian Internasional Woodrow Wilson, dia mengatakan Al Qaeda mengalami kekalahan telak.

Untuk pertamakalinya sejak Amerika melancarkan perang terhadap organisasi terorisme dimulai, Brennan mengatakan sangat memungkinkan untuk membayangkan sebuah dunia dimana inti Al Qaeda tidak lagi berarti.

Dia menambahkan serangan pesawat tak berawak biasanya berlangsung dengan kerjasama pemerintah setempat, dalam tindakan ''sepenuhnya berdasarkan hukum''.

'Bencana demi bencana'

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com