Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disdik Akan Mencari Siswa yang Belum Ikut UN

Kompas.com - 29/04/2012, 23:38 WIB

MANADO, KOMPAS.com - Dinas Pendidikan Manado akan mencari semua siswa yang tidak sempat mengikuti ujian nasional utama untuk hadir dalam UN susulan yang akan dimulai Senin (30/4/2012).

"Kami menerima instruksi langsung dari Wali Kota Manado Vicky Lumentut untuk mencari setiap siswa yang tidak ikut UN utama agar bisa mengikuti ujian susulan," kata Kepala Dinas Pendidikan Manado Dante Tombeg di Manado, Minggu (29/4/2012).

Ia mengatakan sudah meneruskan instruksi ini ke seluruh sekolah di Manado agar tidak ada siswa yang gagal menyelesaikan pendidikannya, apalagi yang masih dalam usia wajib belajar.

"Semua kepala sekolah dan guru sampai wali kelas menerima instruksi ini dan mereka wajib mencari dan mengajak siswanya yang tidak ikut UN utama. Apa pun alasannya mereka harus menyelesaikan studinya," kata Tombeg.

Ia mengakui masalah ini bukan hal yang mudah karena ada banyak kendala yang dihadapi, mulai dari siswa sudah terlanjur hamil, pindah dan hingga bekerja, tetapi seluruh kepala sekolah menganggupi melakukannya demi menyelamatkan generasi bangsa ini.

Tombeg mengatakan sejak pelaksanaan ujian nasional tingkat SMA dan sederajat memang lebih dari 100 orang siswa tidak mau lagi mengikuti ujian, apalagi yang sudah pindah ke daerah lain dengan berbagai alasan, namun mereka tetap dipanggil untuk ikut susulan.

"Kalau mereka tetap tidak mau mengikuti UN susulan, kami membuka kesempatan melanjutkan pendidikan dengan mengikuti pelajaran di pusat kegiatan belajar masyarakat yang banyak tersebar di Manado," kata Tombeg.

Dengan demikian mereka bisa mendapatkan ijazah walaupun melalui ujian paket A, B atau C, karena bisa digunakan untuk meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com