Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Blok Apartemen Akan Dijadikan Tempat Rudal

Kompas.com - 29/04/2012, 13:46 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Warga sebuah blok apartemen di London diberitahu bahwa beberapa rudal darat ke udara akan diletakkan di bangunan tempat tinggal mereka guna membantu memerangi ancaman teror udara terhadap Olimpiade.

"Sistem rudal dengan kecepatan tinggi mungkin ditempatkan di atap" dan 10 prajurit ditempatkan di dalam gedung selama dua bulan saat Olimpiade, yang dimulai 27 Juli, demikian isi selebaran yang dibagikan kepada warga. Kementerian Pertahanan Inggris, Sabtu (28/4/2012), mengonfirmasi bahwa kementerian itu sedang mencari lokasi saat Inggris bersiap meningkatkan operasi keamanan masa damainya buat Olimpiade.

"Sistem pertahanan udara yang berpangkalan di darat dapat digelar sebagai bagian dari rencana keamanan udara bagi Olimpiade, termasuk helikopter dan jet cepat," kata juru bicara kementerian tersebut di dalam satu pernyataan. "Berdasarkan peralatan militer, kami telah mengidentifikasi sejumlah tempat dan ... sedang mengadakan pembicaraan dengan pemerintah setempat dan pemilik lahan guna membantu memperkecil dampak setiap penggelaran sementara," katanya.

Kementerian tersebut belum membuat keputusan akhir mengenai rudal itu, tapi sedang menilai lokasi bersama polisi, tambah pernyataan tersebut.

Brian Whelan, wartawan dan warga blok apartemen di Bow, London timur memberitahu AFP, "Mereka akan melancarkan operasi ... dan jika itu berjalan baik, rudal berkecepatan tinggi akan ditempatkan di gedung saya, bersama dengan tentara. Tampaknya itu ditulis di batu, tak pernah ada konsultasi. Mereka mengumumkannya dengan cara yang membuatnya tampak seperti bagai hadiah buat kami, tinggal di satu pangkalan militer, benar-benar penghinaan."

Gedung tersebut dipilih karena "pemandangan sekitarnya yang sangat baik dan menjangkau seluruh udara di atas Olympic Park", demikian tulisan di selebaran itu.

Selebaran tersebut meyakinkan warga bahwa rudal itu hanya akan digunakan dalam hal "ada perintah khusus dari tingkat tertinggi di pemerintah dalam menanggapi ancaman keamanan yang sangat besar dan dikonfirmasi".

Pasukan keamanan dengan lebih dari 40.000 personel, yang didukung operasi intelijen sangat tinggi, akan menjaga tempat, atlet dan jutaan pengunjung yang diperkirakan membanjiri ibu kota Inggris itu untuk menyaksikan Pertandingan Olimpiade.

Tahun 2005, sehari setelah London dipilih sebagai tuan rumah, empat pembom bunuh diri dalam negeri menyerang tiga kereta bawah tanah dan sebuah bus, sehingga menewaskan 52 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com