Keluarga Hilang Kontak dengan TKW di Malaysia

Kompas.com - 28/04/2012, 22:13 WIB
EditorErlangga Djumena

KARAWANG, KOMPAS.com - Seorang keluarga tenaga kerja wanita asal Kabupaten Karawang, Jawa Barat, yang salah seorang anggota keluarganya bekerja di Malaysia, hilang kontak sejak sembilan tahun terakhir.

Tenaga kerja wanita asal Dusun Tanjungjaya, Desa Muara, Kecamatan Cilamaya Wetan, Karawang, yang hilang kontak dengan keluarganya itu ialah Siti Nurhaifah.  "Sejak berangkat kerja di Malaysia, sembilan tahun lalu sampai sekarang, Siti belum ada kabar, baik dari Siti sendiri maupun dari PJTKI (Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia) yang memberangkatkan Siti," kata ayah Siti, Riswan, di Karawang, Minggu.
     
Ia mengaku khawatir dengan Siti, karena pihak keluarga tidak pernah tahu keberadaan dan nasib anak kandungnya itu, sejak berangkat menjadi tenaga kerja wanita (TKW) ke Malaysia sekitar sembilan tahun lalu.

"Saya sangat berharap menerima kabar terkait keberadaan dan nasib Siti. Setelah ada pemberitaan penembakan terhadap TKW (tenaga kerjawa wanita) asal Nusa Tenggara Barat, kami keluarga sangat khawatir dengan nasib Siti," katanya.

Siti sendiri berangkat menjadi TKW ke Malaysia saat berusia 13 tahun pada Juli 2003. Pihak keluarga sendiri tidak mengetahui PJTKI yang memberangkatkan Siti.

Ibu kandung Siti, Kesih, mengaku sejak beberapa tahun lalu pihaknya selalu menunggu kedatangan Siti. Berbagai upaya sudah dilakukan pihak keluarga, dengan menanyakan keberadaan Siti kepada sponsor (orang utusan PJTKI yang memberangkatkan Siti).  Tetapi, hingga kini pihak keluarga tetap tidak tahu keberadaan Siti.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.