Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keluarga Bin Laden Dideportasi

Kompas.com - 28/04/2012, 04:14 WIB

ISLAMABAD, Jumat - Keluarga Osama bin Laden telah dideportasi dari Pakistan ke Arab Saudi pada Jumat (27/4). Deportasi ini berlangsung hampir setahun setelah Bin Laden dibunuh pasukan Amerika Serikat di kota Abbottabat pada 2011.

Di tengah malam sebuah mobil membawa keluarga Bin Laden dari sebuah rumah di Islamabad, lokasi penahanan mereka, menuju bandara. Keluarga kemudian berangkat ke Arab Saudi dengan sebuah pesawat sewaan khusus pada pukul 02.00 waktu Islamabad. Otoritas Pakistan sebelumnya menahan tiga istri dengan anak-anak mereka masing-masing.

Sebelum pemulangan ini, otoritas Pakistan juga telah menghancurkan rumah hunian Bin Laden di Abbottabat, tempat Bin Laden diserang pada 2 Mei tahun lalu. Tindakan deportasi diperkirakan bertujuan mengikis kenangan akan Bin Laden.

Juru Bicara Departemen Dalam Negeri Pakistan menyebutkan, perintah deportasi ditujukan kepada 14 anggota keluarga Bin Laden dengan tujuan Arab Saudi. Ini dikatakan sebagai negara pilihan mereka. Bin Laden juga berasal dari Arab Saudi.

Sebelumnya sempat disebutkan bahwa jumlah keluarga Bin Laden adalah 12 orang yang terdiri dari 3 janda, 8 anak, dan 1 cucu.

Sebelum dideportasi, otoritas Pakistan sempat menahan para janda dan dua putri tertua Bin Laden selama 45 hari dengan alasan memasuki Pakistan secara ilegal.

Deportasi tidak langsung dilakukan setelah masa penahanan berakhir. Diperlukan beberapa tindakan formal dan prosedur yang sedikit bertele-tele. Arab Saudi dikabarkan tidak bersedia menerima kedatangan keluarga itu.

Sengaja ditahan lama

Pada Kamis, deportasi juga tersendat. Namun, seorang pejabat Pakistan mengatakan, sebuah perubahan mendadak terjadi dan deportasi bisa dilakukan.

Atif Ali Khan, pengacara keluarga Bin Laden, pekan lalu mengatakan, Amal Abdulfattah, janda asal Yaman, dan anaknya kemungkinan dideportasi ke Yaman setelah tiba di Arab Saudi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com