Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Khawatir dengan Kekuatan UEA

Kompas.com - 28/04/2012, 03:33 WIB

Kairo, Kompas - Kepala kepolisian kota Dubai, Uni Emirat Arab, Dhahi Khalfan, Jumat (27/4), mengatakan, penempatan satuan militer Iran di Pulau Abu Musa, Pulau Tunb Besar, dan Pulau Tunb Kecil menunjukkan ketakutan Iran terhadap UEA. Tiga pulau itu menjadi wilayah yang diperebutkan Iran dan UEA sejak 1971.

Khalfan lewat jejaring sosial Twitter yang dikutip situs Alarabiya mengatakan, Uni Emirat Arab (UEA) kini memiliki kekuatan militer yang patut diperhitungkan Iran. Ketika Iran menduduki tiga pulau itu pada awal dekade 1970-an, UEA belum memiliki kekuatan militer. Namun, lanjutnya, UEA kini memiliki kekuatan militer yang modern.

Kamis lalu, Kepala Staf Angkatan Laut Pengawal Revolusi Iran Ali Fadavi kepada televisi Iran berbahasa Arab, Al-Alam, mengungkapkan, Iran menempatkan satuan marinirnya di Pulau Abu Musa, Tunb Besar, dan Tunb Kecil mengingat pentingnya tiga pulau itu.

Fadavi menegaskan, klaim UEA dan negara Arab Teluk atas kepemilikan tiga pulau itu tidak bisa diterima.

Isu tiga pulau tersebut kembali memanas menyusul kunjungan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad ke Pulau Abu Musa, awal April lalu. Maklum, Iran dan UEA berebut klaim atas tiga pulau yang terletak di perairan Teluk Arab, atau versi Iran, Teluk Persia.

Presiden Ahmadinejad dalam kunjungan itu mengklaim, Iran memiliki berbagai dokumen yang mendukung kepemilikan Iran atas Pulau Abu Musa.

Pernyataan Presiden Iran tersebut segera memicu kemarahan Pemerintah UEA. Menlu UEA Sheikh Abdullah bin Zayed menegaskan, tidak adanya solusi atas konflik Iran-UEA menyangkut tiga pulau itu akan mengancam keamanan dan perdamaian dunia.

Arab Saudi juga mengecam kunjungan Ahmadinejad ke Pulau Abu Musa yang disebut sebagai pelanggaran atas kedaulatan UEA.

Sebaliknya, Iran memperingatkan negara-negara Arab Teluk bahwa masalah akan semakin kompleks jika negara-negara Arab Teluk tidak menangani isu konflik Iran-UEA soal tiga pulau tersebut secara hati-hati.

Para analis mengatakan, kunjungan Ahmadinejad ke Pulau Abu Musa merupakan upaya Iran untuk mengalihkan perhatian Barat dari isu program nuklir Iran dan tekanan Barat terhadap rezim Presiden Bashar al-Assad di Suriah, sekutu dekat Iran.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com