Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Mana Presiden dan Keluarganya?

Kompas.com - 28/04/2012, 03:31 WIB

Seiring dengan semakin gencarnya berita pertumpahan darah di Suriah yang menelan puluhan korban tewas setiap hari, kini muncul pertanyaan di mana Presiden Bashar al-Assad sekeluarga berada dan siapa yang menjaga mereka.

Pasalnya, Presiden Assad kini dianggap paling bertanggung jawab atas pertumpahan darah di negerinya. Berbagai imbauan agar Presiden Assad mundur sudah disampaikan, tetapi Presiden Suriah itu tidak menggubris seruan tersebut.

Presiden Assad sekeluarga sehari-hari berada di rumah pribadi mereka di distrik elite Abu Rummaneh, Damaskus. Hanya jika ada tamu negara atau bertemu dengan para menteri dan pejabat tinggi lain, Presiden Assad datang ke istana presiden yang disebut Istana Rakyat.

Sehari-hari, Presiden Assad sekeluarga dijaga pasukan elite dari satuan pengawal Republik. Satuan pengawal Republik beranggotakan 15.000 serdadu dan perwira yang dipimpin oleh Mayjen Ali Hassan yang dikenal sangat dekat dengan Presiden Assad.

Sebagian besar anggota satuan elite pengawal Republik menganut mazhab Syiah Alawit atau sama dengan mazhab yang dianut keluarga Presiden Assad. Penganut mazhab Syiah Alawit adalah minoritas di Suriah, yaitu hanya sekitar 15 persen. Penganut di luar mazhab Syiah Alawit sangat sulit bisa masuk menjadi anggota satuan pengawal Republik.

Tugas inti pengawal Republik adalah menjaga Presiden Assad sekeluarga. Satuan tersebut dikenal sangat loyal kepada keluarga Presiden Assad. Satuan pengawal Republik memiliki kemampuan tempur di atas rata-rata dan mendapat latihan sangat keras. Mereka dilengkapi dengan senjata paling mutakhir, seperti tank T-72 buatan Rusia dan rudal antitank.

Satuan pengawal Republik dibentuk pada akhir 1970-an, menyusul gagalnya upaya kudeta yang dilakukan komandan pasukan komando khusus Mayjen Ali Khaidar terhadap Presiden Hafez al-Assad yang saat itu langsung memerintahkan pembubaran satuan komando khusus. Satuan ini diganti dengan satuan pengawal Republik. Presiden Hafez al-Assad juga memerintahkan memperkuat satuan divisi IV.

Satuan khusus

Presiden Hafez al-Assad kemudian mengandalkan satuan pengawal Republik dan satuan divisi IV untuk menjaga kekuasaan dan keluarganya. Satuan divisi IV kini dipimpin oleh Maher al-Assad (kakak kandung Presiden Bashar al-Assad).

Sebagian besar anggaran militer di Suriah dinikmati oleh satuan pengawal Republik dan satuan divisi IV. Tidak heran jika para perwira dari satuan pengawal Republik dan satuan divisi IV memiliki rumah dan mobil mewah serta keistimewaan lain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com