Enam Imigran Gelap di Malang Melarikan Diri

Kompas.com - 27/04/2012, 17:57 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

MALANG, KOMPAS.com - Sebanyak enam imigran gelap asal Afganistan dan Sudan yang terdampar di pesisir pantai Wonogoro, Kecamatan Gedagan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, melarikan dari kantor Imigrasi Malang, sebelum dipindahkan ke Hotel Istana Permata, Juanda Sidoarjo pada Selasa (24/4/2012) lalu.

Awalnya, dalam berita acara yang dibuat pihak Kantor Imigrasi Malang, sebanyak 35 orang imigran gelap itu akan dipindah dari Malang. Namun, dalam serah terima antara Kantor Imigrasi Malang dengan Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Surabaya, hanya diserahkan 29 imigran. "Yang jelas, ada 29 yang kami terima. Kalau kabur, ya kaburnya di Malang. Bukan di wilayah wewenang kami," tegas Kepala Rudenim Surabaya, Iwan Rustiawan saat dihubungi via telepon, Jumat (27/4/2012) sore.

Menurut Iwan, imigran yang kabur tersebut merupakan tanggung jawab petugas Kantor Imigrasi Malang. Bukan tanggung jawab Rudenim Surabaya. "Tanggung jawab Kantor Imigrasi mulai mengamankan serta mengejar imigran yang melarikan diri tersebut," ujarnya.

"Kalau di wilayah saya, pasti dilaporkan ke polisi," sambung Iwan.

Sementara itu, menurut Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Kantor Imigrasi Malang, Suharno saat dikonfirmasi melalui ponselnya, enggan menjelaskan kaburnya imigran tersebut. Bahkan, Suharno mengelak jika enam imigran telah melarikan diri. "Sudah saya serahkan ke Rudenim Surabaya. Tanya ke sana saja," katanya singkat, sembari menutup teleponnya.

Ditempat berbeda, Kasatreskrim Mapolresta Malang, AKP Anton Prasetyo mengaku, juga belum menerima laporan terkait kaburnya enam imigran gelap tersebut. "Sampai saat ini, saya belum menerima laporan terkait kasus tersebut. Untuk pengawalan imigran ditangani pihak Sabhara. Jadi belum ada laporan masuk ke kami," katanya.

Diwartawakan sebelumnya, para imigran gelap tersebut adalah imigran yang terdampar di pantai Wonogoro Kecamatan Gedagan Kabupaten Malang. Ada 83 orang asal Afganistan dan Sudan. Sebanyak 63 imigran diamankan di Kantor Imigrasi Malang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.