"Pernikahan Dini" di India Dibatalkan

Kompas.com - 26/04/2012, 14:28 WIB
EditorEgidius Patnistik

NEW DELHI, KOMPAS.com - Pernikahan seorang perempuan muda yang terjadi di masa anak-anak dibatalkan secara hukum, kasus ini disebutkan merupakan yang pertama di India.

Laxmi Sargara, 18 tahun, penduduk negara bagian utara Rajasthan India menikah dengan Rakesh ketika dia seorang diri dan laki-laki itu berada ditempat yang sama.

Dia tumbuh dalam lingkungan keluarganya sendiri, dan baru mengetahui dia telah menikah dengan seseorang, ketika saudara iparnya datang untuk menjemputnya bulan ini.

Pernikahan anak-anak dilarang di India, tetapi masih terjadi di sejumlah wilayah negara itu, terutama di pedesaan dan komunitas miskin.

"Saya tidak bahagia mengenai pernikahan itu. Saya mengatakan kepada orangtua yang tidak sependapat dengan saya, kemudian saya meminta bantuan," kata Laxmi kepada Agence France Presse (AFP).

Dia tidak mengetahui mengenai pernikahannya sampai beberapa hari lalu, ketika keluarga mempelai laki-laki akan menjemputnya untuk memulai hidup baru sebagai istri Rakesh.

Tertekan

Setelah mengajukan gugatan kepada orangtuanya, Laxmi meminta bantuan kepada sebuah Organisasi Non Pemerintah Sarathi Trust di kota Jodhpur.

"Dia merasa tertekan. Dia tidak suka dengan laki-laki itu dan tidak siap untuk menjalani keputusan orangtuanya," kata Kriti Bharti dari Sarathi Trust kepada AFP.

Rakesh hanya sepakat dengan pembatalan setelah konseling.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X