Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mandi di Laut untuk Rayakan Selesainya UN

Kompas.com - 26/04/2012, 13:55 WIB
Taufiqurrahman

Penulis

SAMPANG, KOMPAS.com - Untuk merayakan berakhirnya ujian nasional, ratusan siswa SMPN 1 Camplong, Kabupaten Sampang, Jawa Timur, bersama dengan para guru menggelar acara mandi bersama di laut, Kamis (26/4/12).

Jarak sekolah yang hanya 20 meter dari bibir pantai, membuat mereka mudah menceburkan diri ke laut setelah bel berbunyi tanda berakhirnya jam mengerjakan soal-soal ujian.

Bagus Dwiatmoko, salah satu siswa SMPN 1 Camplong mengatakan, kegiatan mandi bersama itu sebagai bentuk rasa syukur mereka atas perjuangan selama empat hari untuk menentukan kelulusan mereka di sekolahnya.

"Kita sudah sepakat ingin mandi bersama di laut untuk menghilangkan beban pikiran selama menjalani UN sekaligus bersyukur kepada tuhan," katanya.

Selain ratusan siswa, sebagian guru juga larut dalam kegiatan mandi bersama itu. Namun mereka masih lengkap dengan seragamnya masing-masing. Guru dan murid saling melempar air, sebagai tanda keceriaan mereka.

Kegiatan itu menurut Edi Ramadhan, salah satu guru, merupakan kebiasaan turun-temurun dari siswa sebelumnya. Sehingga pihak sekolah tidak melarangnya dengan syarat tidak membahayakan.

"Kita biarkan anak-anak dengan pengawasan guru agar tidak campur baur antara siswa dan siswi," imbuhnya.

Mayortitas, para pelajar di SMPN 1 Camplong merupakan anak-anak nelayan. Laut sudah menjadi bagian yang tidak dipisahkan dari mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com