Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UN Berlangsung Tanpa Pengawalan Ketat

Kompas.com - 26/04/2012, 09:36 WIB
Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Pelaksanaan ujian nasional di sejumlah sekolah di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, berlangsung tanpa pengawasan ketat sebagai mana aturan atau protap ujian nasional. Selain berlangsung tanpa pengawalan petugas kepolisian, para peserta ujian dan pengawas juga bebas membawa ponsel, tas dan buku-buku ke dalam kelas.

Di SMPN 3 Wonomulyo Polewali Mandar misalnya, tidak satupun ada polisi yang ikut mengawasi jalannya UN. Para siswa pun bebas membawa tas dan ponsel ke dalam kelas. Pengawas ujian juga tampak lebih asyik memainkan ponselnya dan tak mengawasi para peserta ujian.

Sejumlah pengawas yang tertangkap kamera wartawan sedang bermain ponsel  langsung meletakkan ponselnya di meja sambil berusaha menutupi dengan cara menggunakan telapak tangan. Mereka juga tampak kaget dengan kehadiran wartawan dan berusaha mencari kesibukan dengan menulis-nulis sesuatu.

Kepala SMP negeri 3 Wonomulyo Polewali, Edi Iskandar yang ditanya mengenai longgarnya pengawasan UN di sekolahnya mengaku tidak mengetahui mengapa tidak ada polisi yang datang untuk mengawasi UN. Menurutnya, biasanya polisi pulang setelah mengantar naskah soal UN.

"Saya tidak tahu kenapa petugas polisi belum datang meski jam ujian sudah berlangsung,"ujarnya. 

Sementara itu Hasniati, sekretaris panitia ujian nasional membantah adanya kecurangan di sekolahnya. Ia berdalih setiap pengawas dan panitia UN sudah mendapatkan surat edaran mengenai ketentuan ujian. "Sebelum ujian sudah diumumkan para siswa dan pengawas dilarang membawa ponsel atau barang lain masuk ke dalam kelas selain keperluan ujian," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com