Bavaria Akan Terbitkan Memoar Hitler

Kompas.com - 26/04/2012, 02:51 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JERMAN, KOMPAS.com Bavaria, negara bagian di Jerman, berencana menerbitkan memoar Hitler, Mein Kampf (Perjuangan Saya) pada 2015, sebelum hak cipta buku itu berakhir.

Buku itu dilarang oleh undang-undang Jerman. Namun, Bavaria menggunakan kepemilikan hak cipta untuk mencegah publikasi edisi bahasa Jerman sejak tahun 1945. Pembatasan hak cipta ini berakhir tahun 2015, 70 tahun setelah kematian Hitler.

Pemerintah Bavaria mengatakan mereka menyiapkan satu edisi untuk mahasiswa dan mencakup komentar kritis.

Hitler menulis Mein Kampf pada tahun 1924, saat menjalani hukuman penjara karena berupaya melakukan kudeta.

"Membosankan"

Edith Raim, dari Institut Sejarah Kontemporer, mengatakan versi pasca-hak cipta yang tengah ia siapkan merupakan karya ilmiah.

Buku yang mengangkat ideologi Nazi itu sebagian berisi biografi, sebagian politik, dan juga sebagian kritikan rasis.

Memoar itu belum pernah diterbitkan di Jerman sejak akhir Perang Dunia II. Namun, pada tahun 1945, tak kurang dari 10 juta kopi buku telah terjual. Buku tersebut tersedia dalam bentuk terjemahan dan juga di internet.

Setelah Hitler berkuasa tahun 1933, pasangan yang baru menikah mendapatkan buku itu sebagai hadiah pernikahan dari negara.

Wartawan BBC, Stephen Evans, di Berlin mengatakan banyak pembaca, termasuk diktator fasis Benito Mussolini, menyatakan buku itu membosankan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.