Pemberontak Komunis Tewaskan 11 Tentara Filipina

Kompas.com - 25/04/2012, 17:43 WIB
EditorKistyarini

MANILA, KOMPAS.com — Pemberontak komunis Filipina menewaskan 11 tentara dan seorang warga sipil, Rabu (25/4/2012), dalam sebuah serangan paling berani selama beberapa tahun terakhir, ungkap militer Filipina.

Sebuah konvoi militer yang terdiri dari tiga kendaraan disergap oleh para pemberontak Tentara Rakyat Baru (NPA) dekat kota Tinoc, sebuah kota di pegunungan di Pulau Luzon, kata Mayor Jenderal Rommel Gomez, komandan militer di wilayah utara Filipina.

"Orang-orang itu teroris," kata Gomez tentang para penyerang. "Kami masih memburu mereka."

Seorang kapten termasuk dari 11 personel militer yang tewas dalam serangan di pagi hari itu, kata juru bicara angkatan darat, Kolonel Loreto Maguddayao. Sedangkan warga sipil yang tewas adalah anggota band militer. Dua tentara dan seorang sipil lainnya terluka.

"Serangan ini dianggap sebagai salah satu yang paling berani dari NPA di wilayah ini dalam beberapa tahun terakhir," kata Maguddayao.

Serangan itu tampaknya menyasar komandan batalyon setempat, Letnan Kolonel Eugenio Batara, yang juga berada dalam konvoi tersebut. Iring-iringan kendaraan itu dalam perjalanan kembali ke markas setelah mengunjungi pos di pegunungan. Batara sendiri tidak terluka, imbuh Maguddayao.

Sekitar 100 tentara, polisi, dan pembantu polisi tewas akibat serangan NPA di seluruh Filipina sepanjang 2011. Jumlah korban itu turun dari 184 pada tahun sebelumnya, kata sumber militer.

NPA merupakan unit bersenjata dari Partai Komunis Filipina dan menjadi perlawanan kelompok komunis terlama di Asia sejak 1969.

Tahun lalu, pemerintah mengatakan telah berhasil menghancurkan kekuatan NPA di wilayah pegunungan mengalahkan para pemberontak itu dalam berbagai pertempuran. Selain itu, berkat kegiatan komunitas yang efektif sehingga warga desa melawan para pemberontak itu.

Menurut militer, kekuatan NPA di seluruh Filipina sudah berkurang menjadi sekitar 4.000 personel pada 2011. Pada masa jayanya, kekuatan mereka mencapai lebih dari 26.000 orang.

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.