Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Lagi Agen Rahasia AS Dipecat

Kompas.com - 25/04/2012, 08:13 WIB
R. Adhi Kusumaputra

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com — Dua lagi agen rahasia Amerika Serikat dipecat menyusul skandal prostitusi Kolombia, sedangkan agen ketiga akan mengundurkan diri.

Demikian pengumuman resmi Dinas Rahasia AS (Secret Service), Selasa (24/4/2012) malam waktu setempat atau Rabu pagi WIB, seperti dilaporkan USA Today.

Diumumkan pula bahwa dua agen lainnya telah dibersihkan dari kesalahan dan akan menghadapi tindakan administratif yang tepat.

Dalam pernyataannya, Asisten Direktur Dinas Rahasia AS Paul S Morrissey mengatakan, dua agen rahasia mengundurkan diri, sementara izin keamanan satu orang lainnya sebagai agen rahasia dicabut.

Sembilan agen rahasia mengundurkan diri, pensiun, atau dipecat atas tuduhan membawa pelacur ke kamar hotel di Cartagena, Kolombia.

Dengan demikian, sudah 12 agen rahasia AS terlibat dalam skandal prostitusi. Namun, anggota DPR dari Partai Republik di New York dan Ketua Dewan Komite Keamanan Dalam Negeri Peter King mengatakan, penyelidikan belum berakhir.  Komite yang dipimpin King telah meminta informasi rinci tentang operasi agen rahasia di Cartagena.

Lebih dari selusin anggota militer juga menghadapi pelanggaran disiplin atas insiden yang terjadi dua hari sebelum kedatangan Presiden Barack Obama di KTT Amerika, 13-15 April.

Pernyataan hari ini diumumkan tak lama setelah Obama membela Dinas Rahasia dengan mengatakan bahwa skandal ini seharusnya tidak mendiskreditkan lembaga secara keseluruhan.

"Orang-orang di Dinas Rahasia adalah orang-orang luar biasa," kata Obama dalam acara bincang-bincang dengan pembawa acara Jimmy Fallon. "Mereka melindungi saya, melindungi anak-anak perempuan kami," katanya.

Perihal insiden di Kolombia, Obama mengatakan, "Apa yang mereka pikirkan saat itu, saya tidak tahu. Itulah mengapa mereka sekarang tak ada lagi."

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com