Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komandan AU Yaman Akhirnya Mundur

Kompas.com - 24/04/2012, 20:27 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Jenderal Mohammed Saleh al-Ahmar akhirnya mengundurkan diri dari jabatannya. Sebelumnya, al-Ahmar dipecat dari jabatannya di Angkatan Udara Yaman. Tapi, dirinya menolak.

Sebagaimana warta sebelumnya, al-Ahmar menjabat sebagai Komandan AU Yaman selama tiga dekade.  "Jenderal Mohammed Saleh al-Ahmar telah menyerahkan tugasnya kepada penggantinya," kata Utusan PBB untuk Yaman Jamal Benomar kepada AFP di Sana'a pada Selasa (24/4/2012).

"Saya pribadi menghadiri upacara serah terima jabatan itu," katanya.
   
Pada 6 April, Presiden Abdrabuh Mansur Hadi mengeluarkan dekrit memecat al-Ahmar,  saudara tiri Presiden Ali Abdullah Saleh yang digulingkan. Mansur Hadi juga memecat mantan keponakan pemimpin Jenderal Tariq Muhammad Abdullah Saleh, yang memimpin pengawal presiden.
   
Kedua jenderal menolak untuk berhenti. Sementara, para loyalis al-Ahmar, bahkan mengepung Bandara Sana'a dan mengancam akan menembak jatuh pesawat. Gara-gara ulah itulah, bandara ditutup selama sehari.
   
Bandara itu kini dibuka kembali setelah negara-negara kuat internasional dan regional menyuarakan dukungan untuk Hadi, yang harus merestrukturisasi tentara berdasarkan kesepakatan yang diprakarsai Teluk, yang disepakati oleh partai-partai politik Yaman.
   
Ketika ditanya apakah Jenderal Tariq Muhammad Abdullah Saleh juga sepakat untuk berhenti, Benomar hanya menjawab dengan mengatakan,"Semua keputusan Hadi sedang dilaksanakan."

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com