Matan Ruak Resmi Jadi Presiden Timor Leste

Kompas.com - 24/04/2012, 10:47 WIB
EditorEgidius Patnistik

DILI, KOMPAS.com — Mantan pejuang gerilya Taur Matan Ruak secara resmi memenangkan pemilihan presiden Timor Leste, demikian pernyataan pengadilan yang menegaskan hasil sementara yang diumumkan pekan lalu.

Putusan Mahkamah Agung dalam sebuah pernyataan pada hari Senin (23/4/2012) menyatakan bahwa Matan Ruak memenangkan 61,2 persen suara. Ia mengalahkan saingannya, Francisco Guterres "Lu Olo", dalam pemungutan suara pada pemilu putaran kedua 16 April lalu.

Matan Ruak, seorang pahlawan perang selama 24 tahun saat melawan Indonesia dan mantan panglima militer, akan menggantikan peraih Hadiah Nobel Perdamaian Jose Ramos-Horta, yang menduduki posisi ketiga pada pemilu putaran pertama pada 17 Maret.

"Pengadilan memvalidasi surat suara untuk putaran kedua pemilihan presiden republik ini," kata pernyataan itu. "Calon yang terpilih sebagai presiden republik adalah Taur Matan Ruak".

Matan Ruak (55) akan memimpin negara miskin dan bergantung pada minyak itu yang bulan depan merayakan satu dekade kemerdekaannya secara formal. Pada akhir tahun ini, negara itu juga akan mengucapkan selamat tinggal kepada pasukan penjaga perdamaian PBB yang ditempatkan di Timor Leste sejak 1999. Pada 7 Juli mendatang para pemilih di negara itu juga akan memilih pemerintahan baru dalam pemilihan umum.

Akhir tahun lalu Matan Ruak mengundurkan diri sebagai panglima militer demi mencalonkan diri sebagai presiden. Dia telah bersumpah untuk memperkenalkan wajib militer jika terpilih. Matan Ruak, yang nama aslinya Jose Maria Vasconcelos, telah dituduh PBB terlibat dalam transfer senjata ilegal pada 2006 ketika kerusuhan dan pertempuran antarfaksi di negara itu menyebabkan Timor Leste berada di ambang perang saudara. Namun, tidak ada upaya yang telah dilakukan untuk menuntut dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.