Lagi, Chavez Dikabarkan Meninggal

Kompas.com - 24/04/2012, 10:38 WIB
EditorKistyarini

CARACAS, KOMPAS.com — Berbicara melalui telepon di televisi pemerintah, Presiden Venezuela Hugo Chavez membantah kabar yang mengatakan bahwa dia meninggal saat menjalani pengobatan untuk tumornya di Kuba, seperti dilansir BBC, Senin (23/4/2012).

Ini untuk kali pertama Chavez memberi sebuah pernyataan setelah tiba di Havana, Kuba, sembilan hari lalu.

Dalam pernyataannya, presiden berusia 57 tahun itu menganggap gosip tentang kematiannya merupakan bagian dari perang psikologi terhadapnya.

Chavez menjalani operasi tumor kedua di panggulnya pada Februari lalu dan harus bolak-balik dari Caracas ke Havana untuk menjalani pengobatan.

"Tampaknya kita harus membiasakan diri dengan rumor-rumor seperti itu karena hal itu bagian dari perang psikologi, dari sebuah perang kotor," kata Chavez.

Pada kesempatan itu Chavez juga berbicara tentang pengobatan yang dijalaninya. Katanya, perawatan itu "berat dan seseorang harus menjalaninya dengan penuh kemauan dan tekad kuat."

Chavez mengatakan, dia memerlukan waktu istirahat yang banyak. Namun, dia merasa berkewajiban untuk menjalankan tugas-tugasnya selama menjalani pengobatan itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikatakannya, dia menunggu kedatangan Menteri Luar Nicolas Maduro di Havana untuk membicarakan reformasi undang-undang ketenagakerjaan Venezuela.

Rencananya, Chavez pulang ke Caracas pada 26 April selama tiga hari sebelum kembali ke Kuba untuk perawatan lebih lanjut.

Rumor itu dipicu diamnya Chavez, sesuatu yang di luar kebiasaannya, sejak dia meninggalkan Caracas pada 14 April. Ribuan pesan di berbagai media sosial berspekulasi soal kemunduran kondisi kesehatannya, bahkan kematiannya.

Apalagi Chavez hanya berkicau 30 kali dalam sembilan hari terakhir, sangat jauh dari biasanya.

Kali terakhir dia berbicara di depan publik pada 14 April. Ketika itu, dari balkon istana kepresidenannya di Caracas, Chavez mengumumkan bahwa dia kemungkinan tidak menghadiri KTT Amerika di Kolombia pada akhir pekan itu karena alasan kesehatan.

Chavez, yang berkuasa sejak 1999, bertekad maju kembali dalam pemilihan presiden yang akan dilaksanakan Oktober mendatang, meskipun mengalami masalah kesehatan.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.