Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UN SMP Lancar

Kompas.com - 24/04/2012, 07:18 WIB

Jakarta, KOMPAS.com — Ujian nasional yang diikuti sekitar 3,7 juta siswa SMP dilaporkan dari sejumlah daerah berjalan lancar. Belum ada laporan resmi kasus kecurangan dan kebocoran soal.

Di Medan, Padang, Makassar, Banjarmasin, Semarang, Jember, Brebes, dan sejumlah daerah lain dilaporkan, distribusi soal dan pelaksanaan ujian nasional (UN) berjalan lancar.

Penilaian ini pun disampaikan Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Haryono Umar dalam evaluasi UN SMP dan sederajat, Senin (23/4), di Jakarta.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, kesadaran masyarakat terhadap pentingnya UN makin meningkat. Ditambah berbagai variasi soal, kemungkinan terjadi kebocoran soal semakin sulit.

Secara terpisah, Indonesia Corruption Watch (ICW) mengimbau orangtua siswa, guru, dan siapa pun yang melihat terjadi kebocoran soal melapor ke ICW. ”Tidak perlu khawatir akan mendapat serangan balik karena akan dilindungi,” kata peneliti senior ICW, Febri Henri, pada pemutaran film dokumenter kecurangan UN tahun lalu di Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Jakarta.

Ketua LPSK Abdul Haris Semendawai berjanji akan melindungi pelapor yang mengalami kekerasan atau perbuatan yang mengarah ke tindak pidana.

Di Padang, Jember, Brebes, serta Surakarta terdapat siswa yang mengikuti UN di ruang tahanan karena terlibat kasus pidana.

Di Banjarmasin terdapat kasus soal kosong untuk dua nomor pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sehingga soal tersebut dianggap tidak ada.

Di Yogyakarta, peserta UN yang tunanetra menyesalkan tak tersedianya soal UN dalam huruf braille sehingga saat mereka mengerjakan soal, soal harus dibacakan pihak lain. (TIM KOMPAS)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com