Sudan: 1.200 Tentara Sudan Selatan Tewas

Kompas.com - 23/04/2012, 15:13 WIB
EditorKistyarini

HEGLIG, KOMPAS.com - Lebih dari 1.000 tentara Sudan Selatan tewas dalam pertempuran demi Heglig, ladang minyak terbesar Sudan, kata komandan angkatan bersenjata Sudan, Senin (23/4/2012).

"Jumlah yang terbunuh dari SPLA (Tentara Pembebasan Rakyat Sudan Selatan) adalah 1.200," kata Kamal Marouf saat memberi sambutan di hadapan sekitar 2.000 tentara di kota Heglig.

Pemerintah Sudan tidak mengungkap jumlah tentaranya yang terbunuh dalam operasi itu. Dalam 10 hari pendudukannya atas Heglig, militer Sudan Selatan mengatakan 19 tentaranya tewas, sementara Sudan kehilangan 240 tentaranya.

Sudan tidak mengizinkan jurnalis atau pengamat lain untuk masuk wilayah Heglig selama ketegangan dengan Selatan, yang pada Minggu (22/4/2012) mengatakan telah menyelesaikan penarikan semua pasukannya dari kawasan itu.

Langkah itu menyusul diplomasi internasional yang intens untuk penarikan dua negara yang berada di tepi perang yang lebih besar.

Khartoum mengklaim sudah mengalahkan Sudan Selatan dan memaksa tentaranya keluar.

Sudan Selatan menduduki ladang minyak itu pada 10 April, berbarengan dengan gelombang serangan udara terhadap wilayahnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.