Kemdikbud: Segala Kebocoran Tak Terbukti

Kompas.com - 23/04/2012, 14:42 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membantah semua tuduhan tentang kebocoran soal dan kunci jawaban Ujian Nasional 2012. Pengawalan yang ketat pada naskah UN diklaim membuat kebocoran tidak dimungkinkan.

Hal tersebut disampaikan Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Haryono Umar di hadapan wartawan di gedung Kemdikbud, Jakarta (23/4/2012). "Segala isu kebocoran tidak terbukti. Tim kami di lapangan terus memeriksa, termasuk informasi terbaru hingga saat ini," katanya.

Ditambahkan oleh Haryono, semua isu kebocoran soal UN itu dilontarkan oknum yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Ia menjelaskan, pengawasan yang ketat terhadap soal UN sudah dimulai dari percetakan yang dialirkan ke provinsi, kemudian ke kabupaten/kota, sampai ke subrayon dan sekolah.

Menurut Haryono, pengawalan itu bukan hanya untuk mencegah penyalahgunaan naskah soal, melainkan juga untuk menjamin keamanan agar tidak rusak di tengah jalan, baik karena masalah cuaca maupun alasan lainnya.

 "Kami yakin kebocoran itu sangat sulit. Pengawalan ketat, tersegel, dan soal baru dibagikan di kelas. Paketnya pun berbeda dan pengawas tidak memegang naskah tersebut," pungkasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X