Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemdikbud: Segala Kebocoran Tak Terbukti

Kompas.com - 23/04/2012, 14:42 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membantah semua tuduhan tentang kebocoran soal dan kunci jawaban Ujian Nasional 2012. Pengawalan yang ketat pada naskah UN diklaim membuat kebocoran tidak dimungkinkan.

Hal tersebut disampaikan Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Haryono Umar di hadapan wartawan di gedung Kemdikbud, Jakarta (23/4/2012). "Segala isu kebocoran tidak terbukti. Tim kami di lapangan terus memeriksa, termasuk informasi terbaru hingga saat ini," katanya.

Ditambahkan oleh Haryono, semua isu kebocoran soal UN itu dilontarkan oknum yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Ia menjelaskan, pengawasan yang ketat terhadap soal UN sudah dimulai dari percetakan yang dialirkan ke provinsi, kemudian ke kabupaten/kota, sampai ke subrayon dan sekolah.

Menurut Haryono, pengawalan itu bukan hanya untuk mencegah penyalahgunaan naskah soal, melainkan juga untuk menjamin keamanan agar tidak rusak di tengah jalan, baik karena masalah cuaca maupun alasan lainnya.

 "Kami yakin kebocoran itu sangat sulit. Pengawalan ketat, tersegel, dan soal baru dibagikan di kelas. Paketnya pun berbeda dan pengawas tidak memegang naskah tersebut," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com