Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Perkuat Dukungan untuk Korea Utara

Kompas.com - 23/04/2012, 13:56 WIB

BEIJING, KOMPAS.com — Di tengah kecaman dunia internasional atas Korea Utara terkait percobaan roket dan kemungkinan uji coba senjata nuklir, seorang diplomat senior China justru melayangkan dukungan dan pujiannya kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Konselor Negara Dai Bingguo, yang mengendalikan diplomasi China dan berposisi di atas menteri luar negeri, mengungkapkan  pernyataannya ini dalam pertemuan dengan Direktur Hubungan Internasional Partai Buruh Korea Kim Yong-il. Demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri China.

Dalam pernyataan resminya, Dai sama sekali tidak menyinggung kegagalan Pyongyang saat meluncurkan roket yang disebutnya membawa satelit cuaca pada 13 April lalu. "Persahabatan tradisional antara China dan Korea Utara adalah harta paling bernilai bagi kedua partai, negara, dan rakyat," kata Dai kepada Yong-il yang mengunjungi Beijing.

"China berkeinginan bekerja dengan Korea Utara untuk membawa hubugan kedua negara ke level terbaru," ujar Dai, seperti dikutip Reuters.

Puji Jong-un

Selain menyatakan dukungan penuh China untuk Korea Utara, Dai juga memuji pemimpin baru negeri itu, Kom Jong-un. Dai mengatakan keyakinannya bahwa di bawah kepemimpinan Jong-un sebagai Sekretaris Pertama Partai Buruh Korea, partai, pemerintah dan rakyat Korea akan meraih kesuksesan membangun sebuah negara yang kuat dan makmur.

Beijing bersama sejumlah negara lain mendukung pernyataan Dewan Keamanan PBB yang mengutuk peluncuran roket Korea Utara dan memperingatkan negeri itu akan konsekuensi yang diterima apabila melakukan peluncuran roket atau uji coba nuklir lagi.

Dari citra satelit menunjukkan Korea Utara terlihat melakukan berbagai persiapan di lokasi yang sama ketika negeri itu melakukan uji coba nuklir sebelumnya.

Namun, berulang kali pula China menarik dukungannya untuk menjatuhkan tekanan dan sanksi yang lebih berat untuk Korea Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com