Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ketiga, 14 Imigran Gelap Masih Hilang

Kompas.com - 23/04/2012, 13:08 WIB
Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Memasuki hari ke tiga, tim gabungan dari satuan polisi air (Polair) Sendang Biru, dan anggota Polsek Bantur Kabupaten Malang, Jawa Timur, melakukan pencarian terhadap 14 imigran gelap asal Afghanistan dan Sudan yang terdampar di Pesisir Pantai Pantai Wonogoro. Namun hasilnya masih nihil.

Bahkan, tim gabungan itu sudah bekerja sama dengan warga setempat dan para nelayan untuk mencari para imigran tersebut, namun, tak juga ada yang ditemukan. Pencarian itu bukan hanya dilakukan di pesisir pantai Wonogoro, tapi juga dilakukan di kawasan Pantai Balekambang.

Menurut Kepala Polsek Bantur, AKP Aswandi saat dihubungi via telepon, Senin (23/4/2012), sejak pagi tadi pencarian dengan patroli di sekitar pesisir pantai Sumberbening dan pantai Balekambang sudah dilakukan. "Namun, hingga siang ini belum menemukan satu pun dari 14 imigran itu. Tapi tim gabungan masih terus mencarinya. Semoga bisa ketemu dan kalau bisa dalam kondisi selamat," harapnya.

Aswandi memperkirakan, sisa para imigran yang terdampar di Pantai Wonogoro beberapa hari lalu itu, sudah meninggalkan wilayah sekitar lokasi kapal yang terdampar. "Karena sudah tidak ada kita cari. atau terdampar ke wilayah lain," ujarnya.

Jika hingga malam nanti para imigran belum ditemukan, maka kemungkinan pencarian akan dihentikan. "Karena tim gabungan sudah tiga hari melakukan pencarian, Hasilnya nihil," katanya.

Diwartakan sebelumnya, sebanyak 83 imigran gelap asal Afghanistan dan Sudan terdampar di Pantai Wonogoro, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, pada Jumat (20/4/2012) sore. Pada Sabtu (21/4/2012) imigran yang ditemukan berjumlah 68 orang, dan 1 orang ABK kapal asal NTT yang langsung dibawa ke Mapolda Jatim untuk diperksa. Dari jumlah tersebut sebanyak 30 imigran, sudah dikirim ke Rumah Detensi Imigrasi (Rudemin) Bangil, Kabupaten Pasuruan. Sisanya masih ada di Kantor Imigrasi kelas 1 Malang, dan tinggal di Hotel Nugraha Kota Malang, masih menunggu proses administrasi sebelum dipindah ke Rudenim Bangil. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com