Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pol PP Pamekasan Musnahkan Ribuan Botol Miras

Kompas.com - 21/04/2012, 20:59 WIB
Taufiqurrahman

Penulis

PAMEKASAN, KOMPAS.com - Sebanyak 3.089 botol minuman beralkohol hasil operasi Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) Pamekasan, Jawa Timur, Sabtu (21/4/2012) dimusnahkan di halaman eks Rumah Sakit Umum Daerah Pamekasan. Pemusnahan barang bukti itu dilaksanakan setelah ada keputusan Pengadilan Negeri Pamekasan soal tindak pidana ringan.

Pemusnahan dilakukan secara simbolis oleh Bupati Pamekasan Kholilurrahman bersama Kepala Kejaksaan Negeri Pamekasan, Agus Irianto, serta jajaran forum pimpinan daerah lainnya.

Willy Agutas Saputra, Kepala Pol PP Pamekasan mengatakan, ribuan botol miras itu hasil sitaan sejak tahun 2009 sampai yahun 2011 lalu. "Barang haram ini kita simpan sekian lama di gudang sebelum ada keputusan pengadilan untuk dilakukan pemusnahan," terangnya.

Pemusnahan miras itu lanjut Willy, sebagai jawaban atas keresahan beberapa kelompok masyarakat yang menduga miras itu raib tanpa identitas. "Tidak mungkin kita menghilangkan barang bukti yang pernah disita dari orang lain, sebab itu berkaitan dengan masalah hukum," tambahnya.

Sementara itu Bupati Pamekasan Kholilurrahman mengatakan, pemusnahan tersebut sebagai bukti bahwa Pemkab Pamekasan tetap komitmen terhadap penegakan Peraturan Daerah Nomor 18 tahun 2001, tentang larangan minuman berlakohol dan anti prostitusi.

"Ketika miras, prostitusi dan penyakit masyarakat lainnya diberantas habis, maka masyarakat di Pamekasan akan semakin baik," ujarnya.

Setelah pemusnahan barang bukti tersebut, operasi Pol PP tidak boleh berhenti dan harus terus berlanjut, baik operasi miras ataupun operasi prostitusi "Operasi Pol PP itu dilindungi udang-undang dan saya akan terus mendukungnya selama itu menjadi kebaikan bagi warga Pamekasan," imbuh Kholilurrahman.

Selain barang bukti milik Pol PP, ada 192 botol miras barang bukti sitaan Kejaksaan Negeri Pamekasan yang turut dimusnahkan. Pemusnahan itu menggunakan mesin gilas yang melindas ribuan botol yang sudah ditata rapi di atas terpal plastik. Bau alkohol menyengat ketika ribuan botol itu pecah satu persatu. Warga yang melintas di halaman eks RSUD Pamekasan, sempat menyaksikan pemusnahan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com