Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belasan Imigran Diduga Sembunyi di Hutan

Kompas.com - 21/04/2012, 19:32 WIB
Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Diduga masih ada belasan imigran gelap asal Afghanistan dan Sudan yang bersembunyi di hutan sekitar pesisir pantai Wonogoro. Mereka adalah bagian dari sekitar 83 orang yang terdampat di pesisir Pantai Wonogoro, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Hingga saat ini sudah ditemukan 69 orang imigran gelap yang akan mencari suaka ke Australia. Mereka nekat menyeberangi lautan karena merasa tak menemukan kedamaian di negara asalnya.

"Yang belum ditemukan sebanyak 14 orang. Kalau memang jumlahnya 83 orang yang ada di kapal itu," kata Kepala Satuan polisi air (Satpolair) Wilayah Sendang Biru, Iptu Slamet Prayitno, Sabtu (21/4/2012) sore.

Menurut Slamet, proses pencarian di sepanjang pesisir Pantai Wonogoro dan Pantai Sendang Biru masih terus dilakukan. "Namun, belum menemukan hasil. Padahal kita sudah menyisir hingga 8 mil. Kita hanya berhasil menemukan 69 orang itu," katanya.

Slamet menduga, kemungkinan 14 imigran itu bersembunyi di hutan yang tak jauh dari pesisir pantai di Malang. "Makanya, kita juga kerjasama dengan warga, kalau menemukan imigran di dalam hutan harus segera menghubungi pihak polair dan polisi," katanya.

Sementara itu, dari 69 orang imigran yang sudah ditemukan, ada tiga imigran yang kondisinya sakit. Saat ini ketiganya sudah dibawa ke Rumah Sakit Lavallete, Kota Malang dan satu orang dilarikan ke Puskesmas Bantur.

Menurut Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Kantor Imigrasi Kelas I Malang, Suharno, ketiga imigran yang sakit itu terluka karena saling berebut untuk turun dari perahu saat mesin mati. "Ada juga yang muntah-muntah," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com