Imigran Gelap Minta Dikeluarkan dari Tahanan

Kompas.com - 21/04/2012, 16:47 WIB
|
EditorA. Wisnubrata

MALANG, KOMPAS.com - Sebanyak 37 imigran gelap asal Afghanistan dan Sudan, memaksa agar segera dikeluarkan dari ruang tahanan kantor Imigrasi Malang, Jawa Timur. Mereka minta dikeluarkan karena ruang tahanan yang ditempati dirasa terlalu sempit.

Selama berada di ruang tahanan para imigran tersebut berteriak-teriak minta dikeluarkan. Selain ruangan tahanan yang dirasa sempit, mereka mengaku kepanasan. Para imigran tak hanya berteriak, tapi juga menggedor-gedor tembok.

"Kami manusia, bukan hewan. Sampai kapan kami harus menunggu untuk keluar dari sini," teriak salah satu imigran.

Menanggapi permintaan para imigran gelap itu, salah seorang petugas Kantor Imigrasi Malang mengatakan, kalau kapasitas ruang tahanan memang hanya untuk 25 orang. "Kalau diisi 37 orang memang tidak memadai. Penghuni di dalam akan merasakan panas, ventilasinya tidak berfungsi maksimal," katanya kepada wartawan, Sabtu (21/4/2012).

Melihat kondisi tersebut, pihak Kantor Imigrasi tak bisa berbuat banyak. Bila dikeluarkan, petugas khawatir terjadi hal yang tidak diinginkan. "Terpaksa dibiarkan saja," kata petugas yang tak mau disebutkan namanya itu.

Selain 37 imigran pria dewasa, bersama mereka ada juga dua perempuan dan empat anak-anak yang diperbolehkan menempati musholla kantor imigrasi. Di luar itu, pihak polisi air dan anggota polisi dari Mapolres Malang, kembali menemukan 26 orang yang juga dalam posisi terdampar di pesisir pantai Wonogoro, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang.

Semua imigran itu akan mencari suaka ke Australia. Karena di negaranya mereka mengaku tak menemukan rasa aman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.